Jumat, 15 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Langkah Danramil Bambang Rawat Lingkungan

Tutup Penambangan Pasir, Minta Warga Jaga Pantai

Kamis, 12 Oct 2017 13:50 | editor : Aries Wahyudianto

Kapten Inf. Bambang K

Tegas : Kapten Inf. Bambang K berdiri di titik pantai yang kritis akibat penambangan pasir liar. (BASITH/Radar Gresik)

Penambangan pasir telah mengubah wajah lingkungan khususnya pantai. Sejumlah bagian pantai tergerus dan daratan terkikis akibat abarasi.

Abdul Basith/Wartawan Radar Bawean

Kapten Inf. Bambang K. yang kini menjabat sebagai Komandan Koramil Sangkapura dan merangkap Tambak mengaku prihatian atas situasi dan kondisi lingkungan di Pulau Bawean. Kerusakan lingkungan di wilayahnya sudah tergolong sangat patah, butuh perhatian khusus agar tidak berkelanjutan. "Rusaknya jalan lingkar ataupun terjadinya abrasi pantai akibat adanya penambangan pasir secara besar-besaran,"katanya.

Jika terus menerus diambil pasirnya, tanpa ada perhatian terhadap dampaknya. Ke depan Pulau Bawean akan kian tambah kecil ke depannya. "Marilah sayangi Pulau Bawean tercinta, demi generasi selanjutnya,"ajaknya.

Memang pembangunan membutuhkan pasir, tapi harus diukur kondisi dampak terhadap kerusakan lingkungan alamnya. Salah satu yang harus dilakukan mengurangi operasi penembangan pasir. Ini langkah tegas yang dilakukan Kapten Inf. Bambang K d di desa Pekalongan yang jaraknya berdekatan dengan kantor Koramil Tambak. Selanjutnya komandan yang dikenal akrab sama warganya selalu memantau kondisi lingkungan di wilayah kerjanya, termasuk menyoroti maraknya penambangan pasir. (bst/rtn)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia