Selasa, 12 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Features

ITS Akan Berikan Gelar HC untuk Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti

Kamis, 12 Oct 2017 07:20 | editor : Abdul Rozack

Susi Pudjiastuti

pemberian gelar tersebut pantas diberikan melihat kiprah Susi di sektor maritim dan komitmennya (jawapos)

SURABAYA-Untuk ketiga kalinya Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) akan menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa (HC). Pada kesempatan ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dipercaya mendapatkan gelar kehormatan tersebut.

"Usulan ini datang dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) sejak awal tahun 2016 lalu. Semua pihak sudah sepakat untuk memberikan gelar HC pada beliau karena kiprahnya sudah jelas dibuktikan dalam bidang kemaritiman," ungkap Sekretaris ITS Agnes Tuti Rumiati, Rabu (11/10).

Lebih lanjut Agnes mengungkapkan, pemberian gelar kehormatan tersebut sah dilakukan meskipun Susi hanya menamatkan pendidikannya pada jenjang SMP. Pemberian gelar tersebut sudah melalui proses yang cukup panjang dan prosedur yang sangat ketat. “Bu Susi sendiri telah mengantongi sertifikasi dari Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada level 9 yang setara dengan gelar Doktor atau S3. Kontribusinya untuk bangsa juga sangat jelas, jadi tidak ada keraguan lagi dari kami untuk menunda penganugerahan gelar HC pada beliau," ungkap dosen statistika tersebut.

Agnes juga menjelaskan, upacara seremonial pemberian gelar tersebut akan dilangsungkan pada puncak Dies Natalis ITS yang ke-57, yakni tanggal 10 November mendatang. "Harapannya ini dapat menjadi refleksi sekaligus menggugah ITS bahwa persoalan maritim di Indonesia harus menjadi prioritas. Terlebih, ITS dikenal sebagai PTN yang juga memiliki concern dalam bidang kemaritiman," jelasnya.

Dalam sidang promosinya, Susi akan dipromotori oleh Prof Semin ST MT PhD, Prof Dr Ketut Buda Artana ST MSc serta Raja Oloan Saut Gurning ST MSc PhD sebagai co-promotor. 

Sementara itu, menurut Kepala Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS Dr Eng M Badrus Zaman, pemberian gelar tersebut pantas diberikan melihat kiprah Susi di sektor maritim dan komitmennya untuk terus konsisten dalam membangun budaya maritim.

"Kebijakan-kebijakan yang diterapkan Bu Susi berpengaruh pada tertatanya sektor ekonomi, sektor teknologi kelautan dan peningkatan pengelolaan sumberdaya kelautan di Indonesia," tegas Badrus.

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia