Kamis, 14 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi

Kesejahteraan Masyarakat Meningkat, Peminat Haji dan Umroh Naik

Rabu, 11 Oct 2017 18:45 | editor : Abdul Rozack

umroh dan haji di Jatim

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf memprediksikan bahwa tahun ini peminat umroh dan haji di Jatim akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan (Dokumen Radar Surabaya)

SURABAYA-Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf memprediksikan bahwa tahun ini peminat umroh dan haji di Jatim akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni sekitar 20-25 ribu jamaah. Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya maskapai yang membuka rute penerbangan dari Surabaya ke Jeddah, Madinah, dan Mekah.

"Dua tahun lalu saya juga telah meresmikan maskapai penerbangan Surabaya-Arab Saudi, dan dimana maskapai yang saya resmikan tersebut telah melakukan penerbangan sembilan kali dalam seminggu. Apalagi saat ini ada rencana maskapai yang akan membuka lagi, bisa dibayangkan seminggu ada 10 kali penerbangan di Bandara Juanda ke Arab Saudi," ujar Gus Ipul ditemui usai membuka Musyawarah Kerja Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) ke-7 di hotel J.W Mariot, Selasa (10/10).

Gus Ipul menyampaikan, kenaikan jamaah umroh dan haji ini disebabkan oleh kesejahteraan umat muslim yang meningkat. Selain itu juga keinginan umat muslim sendiri yang sadar pentingnya untuk melakukan niat ibadah ke Tanah Suci. Oleh karena itu pihaknya mengajak kepada pengusaha travel umroh dan haji berusaha untuk bekerja keras memberikan pelayanan terbaiknya kepada jamaah umroh dan haji. 

"Dengan adanya pelayanan yang terbaik dari pengusahaan tersebut, insya Allah pengusaha travel tidak akan kekurangan pelanggan atau jamaahnya," ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan, pengusaha travel umroh dan haji nasional harus menjadi tuan di negeri sendiri, jangan sampai asing ikut di bisnis yang bernilai ibadah itu. Di era keterbukaan, travel asing sudah masuk ke Indonesia baik secara fisik atau secara e-commers. Untuk itu, Himpuh harus memperkuat organisasi, dan anggotanya aga bisa bersaing dengan travel asing.

Sementara itu Ketua Umum Himpuh H Baluki Ahmad mengatakan, kegiatan muker ini diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 10–12 Oktober 2017. Dalam muker ini akan dibahas tentang pelayanan peningkatan terhadap jamaah umroh dan haji di Indonesia. 

“Peningkatan pelayanan ini bukan semata-mata untuk pelanggan, namun untuk kami, karena akan semakin banyak konsumen loyal yang membuat kami semakin berkembang,” pungkasnya.

(sb/bae/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia