Kamis, 14 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Kuliner Langka Semanggi Surabaya, Bisa Anda Dapat Di Resto Hotel Ini

Rabu, 11 Oct 2017 18:00 | editor : Abdul Rozack

Kuliner Langka Semanggi Surabay

NYAM: Rasanya yang unik menjadikan semanggi menjadi salah satu andalan menu di H’Restaurant Primebiz Surabaya. (ABDULLAH MUNIR/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Ragam kuliner khas Surabaya memang banyak ragamnya. Mau pedas ada, mau asin, mau manis semua ada. Lengkap. Dan di antara kuliner kota berjuluk Kota Pahlawan itu terselip nama semanggi sebagai salah satu menu wajib coba ketika ada di Surabaya. Meski kini langka karena tak banyak yang menjual penganan yang biasanya dibawa berjalan sambil menggendong tenggok atau wadah anyaman bambu ini,  namun di beberapa restoran hotel  ternyata telah menyediakan menu murah meriah tersebut di daftar menunya.

Salah satunya adalah H’Restaurant. Restoran yang berada di Hotel Primebiz Surabaya ini menyajikan semanggi  khas Suroboyo. “Meski ada di hotel namun harganya tidak mahal. Lezatnya ya jangan ditanya. Pasti enak,” ujar chef Hendra Resmana. 

Proses memasaknyapun juga tidak terlalu ribet. Daun semanggi direbus hingga menghasilkan tekstur lembut. “Merebusnya memang butuh kesabaran, agar daun semanggi menghasilkan kelembutan yang pas,” jelas executive chef Primebiz Surabaya tersebut. 

Untuk bumbunya yang hampir mirip dengan bumbu pecel, chef Hendra, panggilan akrabnya, hanya menggunkan ubi jalar yang sudah direbus. Tambahan bawang merah, bawang putih, petis, kemiri, dan juga cabe merah menjadikan bumbu semanggi akan lebih terasa nikmat.

Selain daun semanggi, dia juga menambahkan rebusan tauge di atas daun semanggi. Tak lupa kerupuk puli yang menjadi identitas khas dari semanggi diletakkan. Adanya kerupuk puli adalah sebagai pengganti sendok untuk makan semanggi. “Semanggi semakin lengkap dengan acar dan juga sambel. Karena orang Surabaya cenderung suka pedas, maka sambel memang jangan dilupakan,” tuturnya.

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia