Senin, 23 Oct 2017
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Emas Palsu Lolos Uji Air Raksa, Dua Janda Penjual Diduga Satu Jaringan

Rabu, 11 Oct 2017 18:25 | editor : Abdul Rozack

ilustrasi perhiasan emas

ilustrasi perhiasan emas (net)

PENJUALAN emas palsu yang terjadi di dua tempat di Surabaya diduga dilakukan satu jaringan. Berdasarkan analisa Sat Reskrim Polrestabes Surabaya dua peristiwa penjualan emas palsu yang dilakukan Yulia Siska, 48, di Pasar Atum dan Rasmiati, 61, di Pasar Blauran diduga satu jaringan. 

Sumber terpercaya di di Polrestabes Surabaya menyebutkan jika keduanya menggunakan modus sama. Berdasar pengakuan tersangka keduanya sama-sama membeli emas di dalam bis saat perjalanan dari Situbondo menuju Surabaya. Selain itu, kedua janda tersebut juga kebetulan berasal dari kota yang sama, Bondowoso. 

Emas yang mereka bawa kualitasnya sama. Yakni terdapatkan kandungan tembaga. Tetapi lolos ketika dilakukan uji dengan air raksa. Tetapi pada saat emas tersebut dipotong baru terlihat jika emas palsu itu hanya lapisan. Sedangkan di dalamnya merupakan tembaga. 

Masih menurut sumber internal Polrestabes Surabaya diduga diproduksi secara massal ditempat yang sama. Selanjutnya produsen emas palsu meminta kedua tersangka yang sudah tertangkap menjual barang mulia palsu itu di pasaran. 

Kasat Reksrim Polrestabes Surabaya, AKBP Leonard menduga dua pelaku satu jaringan. Kami akan berkoordinasi dengan Polsek Pabean untuk mencoba mengungkap  jaringan penjual emas palsu tersebut,” ungkapnya AKBP Leonard

(sb/yua/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia