Kamis, 14 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Events Gresik
Gresik Job Fair 2017

50 Perusahaan Siap Terima Ribuan Pelamar

Rabu, 11 Oct 2017 13:06 | editor : Aries Wahyudianto

Perwakilan 50 perusahaan

PERSIAPAN : Perwakilan 50 perusahaan menyatakan kesiapannya mengikuti Job Fair dalam teknikal meeting di Kantor Bupati Gresik, kemarin. (YUDHI/RADAR GRESIK)

Seluruh perusahaan peserta Gresik Job Fair 2017 menyatakan kesiapannya mengikuti acara tersebut. Dari jumlah itu, sedikitnya 2.500 posisi lowongan tersedia untuk diisi pelamar.

ESTI SEPTIANI

Wartawan Radar Gresik

KESIAPAN itu disampaikan perwakilan perusahaan saat mengikuti rapat persiapan (technical meeting) di Kantor Bupati Gresik, Selasa siang. Peserta tersebut berasal dari wilayah Gresik, dengan skala industri menengah atas.

Perusahaan yang ikut di antaranya PT Bank Mandiri, PT Indopipe, Auto2000 Manyar, PT Kelola Mina Laut, PT Tjakrindo, PT Indospring, Bank Panin, Bank BTPN Syariah, Adira Multi Finance. Kemudian PT Siantar Top, PT Petro Graha Medika, PT Semen Indonesia Logistik, PT Waru Abadi. Serta puluhan perusahaan ternama lainya.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Ninik Asrukin juga menyebut, sedikitnya  2.500 lowongan disiapkan untuk Gresik Job Fair tahun ini. “Setiap perusahaan membutuhkan beberapa pekerja dalam satu bidang dalamlowongan pekerjaannya,” sebut dia.

Dijelaskan, pelaksanaan GJF merupakan jawaban atas upaya Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dalam menekan angka pengangguran.

Untuk itu, kata dia, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik membuat terobosan dengan Gresik Job Fair 2017. Ia menyebutkan, berbagai lowongan pekerjaan ini berasal dari berbagai perusahaan yang ada di Gresik dan sekitarnya. “Dari 50 perusahaan yang mencari pekerja di antaranya berasal dari Gresik, Lamongan, Mojokerto, dan Surabaya,” urainya.

Sedang untuk jumlah pencari kerja ditargetkan hingga 10 ribu pencari kerja. Meski nantinya ada pelamar dari luar Gresik, pihaknya meminta perusahaan memprioritaskan warga Gresik. Tentunya yang sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan perusahaannya.

“Perusahaan di Kabupaten Gresik setidaknya menyerap tenaga kerja yang berdomisili di Gresik, minimal 50 persen,” jelasnya.

Kabiro Radar Gresik, Aries Wahyudianto menjelaskan, Gresik Job Fair digelar dua hari, 17 dan 18 Oktober. Lamaran dibuka mulai pukul 09.00 hingga 16.00. Pelamatr berasal dari berbagai jenjang mulai SMP, SMA/SMK hingga perguruan tinggi dan mereka yang sudah berpengalaman. “Peserta dari SMA/SMK dan S1 lah yang nanti akan mendominasi pengunjung Gresik Job Fair,” sebutnya.

Ia menyebutkan, dari puluhan perusahaan yang membutuhkan pekerja dan tergabung dalam Gresik Job Fair ini terdiri dari 60 persen perusahaan yang merupakan wajah baru di tahun ini.

Nantinya, Gresik Job Fair akan dimeriahkan dengan tari tradisional dalam pembukaan, bazaar dari UKM binaan Dinas Tenaga Kerja, Food Truck hingga presentasi dan pengenalan dari setiap perusahaan. “Bagi pelamar kerja, nanti bisa melihat terlebih dahulu apa saja lowongan pekerjaan yang ada dan sesuai dengan kompetensinya agar bisa mempersiapkan berkas terlebih dahulu,” imbuh dia. (*/ris)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia