Senin, 11 Dec 2017
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Sidoarjo

Perupa Delta 'Serbu' Candi Jawi

Rabu, 11 Oct 2017 10:20 | editor : Lambertus Hurek

ON THE SPOT: Sejumlah perupa asal Sidoarjo melukis bareng di pelataran Candi Jawi, Pandaan, Pasuruan.

ON THE SPOT: Sejumlah perupa asal Sidoarjo melukis bareng di pelataran Candi Jawi, Pandaan, Pasuruan. (KRIS FOR RADAR SIDOARJO)

KOTA-Hampir semua bangunan cagar budaya di Kabupaten Sidoarjo sudah dijadikan objek lukisan Komunitas Perupa Delta (Komperta). Kegiatan melukis on the spot ini kemudian bergeser ke Candi Jawi, Pasuruan.

"Kami ingin mencari objek baru yang masih dekat Sidoarjo. Sekalian mencari suasana lain," ujar Antonius Juniarto Dwi Nugroho, koordinator Komperta, Selasa (10/10).

Seperti biasa, rombongan seniman dari berbagai kawasan di Sidoarjo membawa sendiri peralatan lukis masing-masing. Mulai dari kanvas, kertas, cat, hingga meja sederhana. Tiba di kawasan Candi Jawa, Juniarto dan kawan-kawan pun larut dalam petualangan di alam terbuka.

"Melukis on the spot itu sangat bagus untuk menangkap karakter objek yang akan dilukis. Jauh berbeda dengan melukis hanya dengan melihat foto-foto," katanya.

Selain Juniarto, seniman yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Jagat Ngadianto, Miesgianto, Mac Gayon, Dien Kuda, Edy Kuas, dan Kris Mariono. "Saya baru belajar dan berproses bersama teman-teman yang jauh lebih berpengalaman," kata pelukis pendatang baru itu.

Hasil hunting lukisan di lapangan ini, menurut Juniarto, akan dipamerkan bulan depan. "Sekaligus kami ingin mengajak masyarakat untuk menikmati dan mengapresiasi lukisan karya seniman Sidoarjo," ujar Juniarto yang juga guru seni rupa di beberapa sekolah. 

(sb/rek/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia