Kamis, 21 Sep 2017
radarsurabaya
Sportainment
Indonesia Melangkah ke Semifinal

Rafli Nursalim Hattrick, Indonesia Bantai Brunei 8-0

Rabu, 13 Sep 2017 20:04 | editor : Abdul Rozack

LOLOS: Pesta gol di gawang Brunei Darussalam membuat Indonesia memastikan diri lolos ke semifinal.

LOLOS: Pesta gol di gawang Brunei Darussalam membuat Indonesia memastikan diri lolos ke semifinal. (IGKABARTIMNAS)

Yangon - Indonesia U-19 memastikan diri melangkah ke semifinal Piala AFF U-18 2017 setelah di pertandingan terakhir Grup B berhasil menang telak 8-0 atas Brunei Darussalam di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Rabu (13/9). 

Delapan gol Timnas Indonesia U-19 diciptakan oleh Rafli Nursalim yang mengemas hattrick melalui gol pada menit pertama, menit ke-42, dan pada masa injury time babak pertama. Selain Rafli, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman mencetak dua gol. 

Egy mencetak gol pada menit ke-18 dan 23'. Sementara Witan mencetak gol pada menit ke-40 dan 66'. Sementara satu gol tambahan dicetak oleh Hanis Saghara Putra pada menit ke-68.

Indonesia membuka keunggulan dalam hitungan 43 detik setelah kick-off babak pertama Grup B Piala AFF U-18 2017. 

Muhammad Rafli Nursalim langsung menjebol gawang Brunei yang dikawal Ak Muhd Amirul Hakim PG Zulkarnain. Rafli bertarung dengan bek Brunei, Muhammad Azirul Asmaji Adi, sebelum akhirnya mengecoh pemain bertahan dan kiper Brunei itu untuk mengoyak jala gawang lawan dan membawa  Indonesia unggul 1-0.

Indonesia terus mencoba menambah keunggulan dengan menekan pertahanan Brunei Darussalam. Segala upaya lini depan Tim Garuda Nusantara untuk menambah keunggulan dilakukan. Sementara itu, Brunei mencoba melakukan serangan balik yang selalu kandas sebelum memasuki kotak penalti Indonesia.

Gol kedua Timnas Indonesia U-19 tercipta berkat kerja sama antara Rafli Nursalim dan Egy Maulana Vikri di garis pertahanan Brunei. Umpan terobosan Rafli disambut baik oleh Egy yang kemudian melepaskan tembakan kaki kiri yang meluncur perlahan ke dalam gawang lawan. Upaya dua pemain bertahan Brunei untuk menghalau bola masuk ke dalam gawang gagal dan  Indonesia unggul 2-0.

Skema serupa kembali dilakukan pasukan Indra Sjafri  mencetak gol ketiga pada menit ke-23. Umpan terobosan Feby Eka Putra kembali didapatkan oleh Egy Maulana Vikri yang kemudian melepaskan tembakan kaki kiri mendatar yang kembali bersarang di gawang Brunei .

Garuda Muda terus berpesta dengan tambahan dua gol pada menit ke-40 dan 42. Witan Sulaeman mencetak gol cantik pada menit ke-40 dengan melepaskan tembakan keras dengan kaki kirinya dari luar kotak penalti. Bola yang ditembaknya meluncur tajam ke sudut atas gawang Brunei yang gagal dihalau oleh Amirul Hakim. Namun, dalam dua menit berselang giliran Rafli yang mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini untuk membawa Rachmat Irianto dan kawan-kawan 5-0.

Pesta Tim Garuda Nusantara berlanjut dengan gol ketiga Rafli pada masa injury time babak pertama. Memanfaatkan umpan terobosan dari Witan Sulaeman, Rafli dengan mudah mencetak gol yang membuatnya mengemas hattrick. Pertandingan babak pertama pun berakhir dengan skor telak 6-0.

Dalam keunggulan 6-0 di babak pertama, Indonesia menambah dua gol dengan jeda antargol hanya dua menit. Gol ketujuh Tim Garuda Nusantara diciptakan oleh Witan Sulaeman pada menit ke-66 melalui tandukan kepala setelah pemain tengah Timnas Indonesia U-19 itu tak terkawal di kotak penalti.

Sementara itu, gol kedelapan Tim Garuda Nusantara diciptakan oleh Hanis Saghara pada menit ke-68. Pemain yang baru masuk sekitar dua menit setelah Rafli Nursalim mengalami cedera itu langsung on fire dan menjebol gawang Brunei Darussalam. Gol yang dicetak Hanis menjadi gol terakhir yang diciptakan oleh tim asuhan Indra Sjafri dalam kemenangan telak ini. Indonesia pun memastikan diri ke semifinal berkat kemenangan telak ini.

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia