Selasa, 21 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Komunitas Penulis Muda SMAN 1 Gresik

Dahlan Iskan Apresiasi Karya Buku Dolanan Arek Gresik

Rabu, 13 Sep 2017 10:09 | editor : Aries Wahyudianto

TERMOTIVASI : Kepala SMAN 1 Gresik Suswanto siswanya berfoto bersama Dahlan Iskan dengan menunjukkkan buku dolanan hasil karya siswa.

TERMOTIVASI : Kepala SMAN 1 Gresik Suswanto siswanya berfoto bersama Dahlan Iskan dengan menunjukkkan buku dolanan hasil karya siswa. (Dok/Radar Gresik)

Semangat literasi pelajar SMA Negeri 1 Gresik layak diparesiasi. Setidaknya itu yang disampaikan mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan saat didatangi penulis muda yang tergabung dalam Komunitas Penulis Muda SMAN 1 Gresik (Kompensa), kemarin.

ESTI SEPTIANI

Wartawan Radar Gresik

PARA penulis muda ini sengaja 'nyambangi' Dahlan Iskan, karena tulisan-tulisannya di Jawa Pos maupun Radar Surabaya insipiratif. Bersama Kepala SMAN 1 Suswanto, mereka berguru pada Dahlan Iskan di kediamannya, di Surabaya.

Saat bertemu dengan sang idola, para penulis Kompensa terlihat antusias untuk bertanya dan menimba pengalaman mantan Dirut PLN tersebut. Mereka ingin belajar banyak pengalaman khususnya di bidang pengembangan literasi.

Para penulis muda Kompensa ini juga baru saja merampungkan buku bertitel ‘Dolanan Arek Gresik’. Kepada Dahlan Iskan, para siswa menjelaskan perjalanan membuat buku, mulai dari pelatihan dari Tim Radar Gresik hingga buku terbit. Perjuangan para pelajar ini mendapat apresiasi dari Dahlan Iskan.

Dahlan memberi banyak wejangan kepada para penulis muda ini. Termasuk kita untuk menjaga semangat dalam berkarya, dan produktif melalui tulisan. Berbagi banyak kisah terkait kehidupannya disampaikan. Tausiyah dari Bos Jawa Pos Group ini menginsipirasi.

Dalam kesempatan itu, Dahlan Iskan berjanji akan menghadiri launching buku Dolanan Arek Gresik pada 26 September mendatang. “Rasanya wow sekali bisa banyak sharing dan mendengar banyak pengalamna dari Bapka Dahlan Iskan, karena membuat saya semkain termotivasi sebagai penulis. Apalagi karya buku terbaru ‘Dolanan Arek Gresik’ mendapat apresiasi,” terang Edeliya Relanika Purwandi, Ketua Kompensa.

Dikatakan, sosok Dahlan merupakan orang yang santai dan hangat. Menurutnya, banyak pelajaran yang bisa ia ambil dari pengalaman Dahlan Iskan. Termasuk untuk menjadikan dirinya sebagai penulis produktif melalui tulisan. Yakni, melakukan hal kecil terlebih dahulu. “Tidak langsung menerima nasihat mentah-mentah dari orang lain, dan terus produktif menulis,” ungkapnya.

Kepala SMAN 1 Gresik Suswanto mengaku, melihat hasil karya terbaru anak-anak, maka ke depannya ingin terus mengembangkan kemampuan siswa. “Sebelumnya sudah ada beberapa buku dari beberapa anak,” sebut dia.

Disebutkan, permainan tradisional di Indonesia jumlahnya ada 2 ribuan dan sekarang yang bisa dimainkan, kurang lebih 100 permainan. Sehingga, melalui tulisan dari anak-anak SMAN 1 Gresik ini diharapkan bisa melestraikan permainan dan maish bisa dimainkan anak cucu nantinya. “Termasuk suntikan motivasi dari Dahlan Iskan membuat para penulis muda semakin bersemangat dan banyak belajar,” imbuh dia. (*/ris)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia