Rabu, 22 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Penataan Lalu Lintas Kota

Dishub Usulkan Dua Kawasan Tertib Lalin

Rabu, 13 Sep 2017 10:03 | editor : Aries Wahyudianto

TAMBAHAN : Ruas Jalan dr Soetomo bakal diusulkan menjadi kawasan tertib lalu lintas untuk memperkuat penataan lalu lintas di Kota Gresik.

TAMBAHAN : Ruas Jalan dr Soetomo bakal diusulkan menjadi kawasan tertib lalu lintas untuk memperkuat penataan lalu lintas di Kota Gresik. (Yudi/Radar Gresik)

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik bakal kembali mengusulkan dua kawasan tertib lalu lintas (KTL). Ini dilakukan untuk menjaga kelancaran lalu lintas di kawasan perkotaan Kabupaten Gresik.

RENCANANYA  Dishub bakal meminta dilakukan perubahan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup). Kepala Bidang (Kabid) Kelalulintasan dan Pengendalian Operasional Dishub Gresik Hery Wahyu Rianto mengatakan, dua kawasan yang akan diusulkan menjadi kawasan KTL baru adalah Jalan Tridharma serta Jalan dr Soetomo. “Iya, kami memang berencana mengusulkan dua jalan tersebut untuk menjadi kawasan KTL,” ujarnya.

Menurut dia, penambahan jumlah kawasan KTL ini cukup penting untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas. Sebab, sampai saat ini di Kabupaten Gresik hanya ada tiga ruas jalan yang masuk kawasan KTL. Yakni, Jalan Veteran, Jalan Wahidin Sudirohusodo serta Jalan Kartini. “Perlu ada penambahan kawasan baru,” ungkap dia.

Diterangkan, untuk menambah jumlah kawasan KTL ini memang membutuhkan perubahan payung hukum. Sebab, pada aturan yang lama hanya mengatur tiga ruas jalan saja yang menjadi kawasan KTL. “Kami rencananya akan mengusulkan hal tersebut, baru nanti kami bisa mengaplikasikannya,” terangnya.

Dikatakan, untuk tiga ruas jalan yang masuk kategori KTL pihaknya sudah memperketat penjagaan. Sehingga, tidak lagi ditemukan pelanggaran di lokasi-lokasi tersebut. “Kalau tiga KTL lama kami sudah intensifkan pengawasan, setiap hari petugas Dishub sudah melakukan patroli untuk memastikan tidak ada pelanggar,” ungkap dia.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Gresik Mega Bagus Sahputra meminta agar penambahan jumlah kawasan KTL diimbangi dengan pengawasan yang ketat. Sehingga, tidak  ada lagi kendaraan yang parkir sembarangan. “Kalau nanti usul ini disetujui pengawasan harus diperketat,” imbuhnya. (rof/ris)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia