Senin, 25 Sep 2017
radarsurabaya
Sidoarjo

Dewan Dukung Pembangunan Jalan Beton

Rabu, 13 Sep 2017 09:27 | editor : Lambertus Hurek

LEBIH KUAT: Salah satu jalan beton yang sudah direalisasikan pembangunannya di Kemangsen, Balongbendo. DPRD Sidoarjo mendukung Pemkab Sidoarjo untuk menambah ruas jalan menggunakan beton.

LEBIH KUAT: Salah satu jalan beton yang sudah direalisasikan pembangunannya di Kemangsen, Balongbendo. DPRD Sidoarjo mendukung Pemkab Sidoarjo untuk menambah ruas jalan menggunakan beton. (SURYANTO/RADAR SIDOARJO)

KOTA-Salah satu langkah Pemkab Sidoarjo melakukan perbaikan jalan adalah dengan menggunakan beton. Upaya tersebut dinilai membuat daya tahan jalan lebih kuat dibandingkan aspal. Ini pun sudah dilaksanakan, seperti halnya yang diterapkan di Desa Kemangsen, Kecamatan Balongbendo.

DPRD Sidoarjo pun mengapreasiasi langkah itu. Ketua DPRD Sullamul Hadi Nurmawan mengungkapkan mendukung penuh jika ingin jalan-jalan di Sidoarjo akan dibeton. Tetapi ia berharap ada perencanaan yang baik. “Ini terobosan yang bagus mengingat banyak persoalan mengenai jalan. Namun, karena biayanya yang relatif lebih besar harus ada manajemen anggaran yang baik,” jelasnya.

Ia mengatakan, pembangunan jalan beton atau cor seperti yang sudah dilakukan di Desa Kemangsen, memang baik jika diterapkan di Sidoarjo. Menurutnya, dari segi kekuatannya, jalan beton ini lebih baik daripada jalan aspal biasa. “Kerusakan aspal sendiri banyak disebabkan tanah yang tidak stabil, genangan air, hingga tidak adanya selokan di kanan dan kiri jalan,” Sullamul Hadi Nurmawan.

Khusus mengenai tidak adanya selokan, diungkapkannya, berimbas pada aspal jalan cepat rusak. Adanya genangan air di jalan membuat aspal lama kelamaan menggerus saat dilintasi kendaraan. Endingnya menyebabkan aspal berlubang. “Kalau dengan jalan beton ini memang lebih baik karena ada sela yang bisa digunakan untuk menyerap air. Sehingga permukaan jalan tidak tergenang, ini yang membuat nilai plus pembangunan jalan tersebut,” terangnya. (gun/jee)

(sb/rek/rek/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia