Kamis, 23 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Jalan Tembus Pagerwojo-Museum Mpu Tantular

Tahun Ini Tuntas Dibangun

Rabu, 13 Sep 2017 08:49 | editor : Lambertus Hurek

DIKEBUT: Pengerjaan jalan tembus Pagerwojo-Museum Mpu Tantular yang sampai sekarang terus dikerjakan pembangunannya. Dari rencana jalan yang panjangnya 1,5 kilometer, kini tinggal menyisakan 300 meter.

DIKEBUT: Pengerjaan jalan tembus Pagerwojo-Museum Mpu Tantular yang sampai sekarang terus dikerjakan pembangunannya. Dari rencana jalan yang panjangnya 1,5 kilometer, kini tinggal menyisakan 300 meter. (SURYANTO/RADAR SIDOARJO)

KOTA-Pembangunan jalan tembus Pagerwojo menuju ke Museum Mpu Tantular sebentar lagi bisa difungsikan. Dari pembangunan jalan yang panjangnya 1,5 kilometer, kini tinggal 300 meter.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Pemkab Sidoarjo 

Sigit Setyawan memperkirakan pembangunan jalan ini akan tuntas pada bulan November tahun ini. “Setelah proses pembangunan selesai, jalan ini segera difungsikan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan sisa 300 meter yang belum selesai itu adalah pekerjaan yang digarap oleh pihak ketiga (pengembang). Disebutkannya, jalan ini digarap oleh Pemkab Sidoarjo dan empat pengembang. Nah, empat pengembang itu sedang dalam proses pembebasan lahan satu bidang tanah lagi.

Sementara itu untuk pembangunan yang dikerjakan Pemkab Sidoarjo sudah selesai digarap. Sigit mengungkapkan dari total panjang jalan tembus yang dibangun, hanya 45 meter yang merupakan jalan provinsi dan dikerjakan oleh DPUPR, sisanya dikerjakan oleh empat pengembang.

“Untuk kita sudah selesaikan jalan itu, letaknya ada di belakang perumahan Taman Tiara, yang lainnya dikerjakan oleh pengembang,” paparnya.

Dengan adanya jalan tersebut, lanjut Sigit, diharapkan bisa mengurangi kemacetan kendaraan terutama saat jam berangkat dan pulang kerja. “Pengendara yang dari selatan bisa memakai jalan ini sebagai alternatif,” katanya. 

Sebelumnya Bupati Sidoarjo Saiful Ilah memang meminta agar pembangunan jalan tembus dari ke Museum Mpu Tantular bisa segera diselesaikan. Menurut bupati, selain akses jalan tersebut bisa memudahkan pengguna jalan, juga dapat membangun investasi yang besar di kawasan Pagerwojo. 

Diungkapkan Abah Ipul, sapaan akrab Saiful Ilah, dengan dibangunnya akses jalan yang baik maka investasi di kawasan Pagerwojo akan tumbuh. “Sudah ada pengembang yang ingin beriventasi di sini (Pagerwojo, Red),” katanya.

Di sisi lain, walaupun jalan tembus belum bisa digunakan, Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo sudah memasang rambu dan traffic light (TL) di kawasan Pagerwojo. Namun sementara ini TL masih menyala kuning. (nis/jee) 

(sb/rek/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia