Selasa, 21 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Events

Rayakan HUT, TNI AL Tampilkan Sosio Drama Kesatria Majapahit

Selasa, 12 Sep 2017 07:00 | editor : Abdul Rozack

KENANG PERJUANGAN: Pertunjukan sosio drama peperangan antara pasukan Mongol dan Kesatria Majapahit yang dibantu warga usai upacara peringatan HUT TNI AL ke-72 di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya, Senin (11/9) pagi.

KENANG PERJUANGAN: Pertunjukan sosio drama peperangan antara pasukan Mongol dan Kesatria Majapahit yang dibantu warga usai upacara peringatan HUT TNI AL ke-72 di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya, Senin (11/9) pagi. (SATRIA NUGRAHA / RADAR SURABAYA)

SURABAYA-Peringatan hari jadi TNI Angkatan Laut (AL) ke-72 dilaksanakan dengan sederhana sekaligus berbeda di Dermaga Koarmatim Ujung surabaya, Senin (11/9) pagi. Berbeda karena setelah upacara selesai disajikan sosio drama sekaligus lomba devile antar kesatuan.

Cikal bakal Hari Jadi TNI AL yang diperingati setiap tanggal 10 September ini berawal dari dibentuknya Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut pada tahun 1945, yang dipelopori pelaut veteran Indonesia yang pernah bertugas di Angkatan Laut Belanda. 

KSAL Laksamana TNI Ade Supandi dalam sambutannya yang dibacakan Irup Kasarmatim Laksma TNI Roberth Wolter Tappangan  mengatakan, ada tiga makna penting dalam peringatan HUT TNI AL kali ini.  "Tiga poin adalah makna keimanan dan ketakwaan, makna historis dan makna evaluatif, " Roberth Wolter.  

Implementasinya berbentuk kegiatan dengan melibatkan masyarakat seperti olahraga perairan,bakti sosial, kesehatan, pengobatan masal, bersih-bersih pantai serta aneka lomba. "Kami juga menggelar open ship agar masyarakat bisa merasa semakin dekat dengan TNI AL." pungkas Kasarmatim yang baru dilantik pekan lalu ini.  

Sementara itu drama kolosal tersaji apik bercerita tentang peperangan pasukan Mongol dengan tentara Majapahit yang dibantu para pedagang yang sebelumnya telah bermukim di Nusantara, termasuk Pulau Jawa. "Persiapan kami selama dua minggu dengan melibatkan 40 siswa Yayasan Hang Tuah, Kesatrian Majapahit dan One Fun." jelas Paulus Sugialam sebagai founder Kesatrian Majapahit sekaligus penulis naskah drama kolosal kali ini. 

Peringatan Hari Jadi TNI AL di Dermaga Koarmatim ditutup dengan lomba devile antar kesatuan TNI AL yang dimenangkan Satkopaska Koarmatim.

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia