Sabtu, 25 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Politik

DPW PPP Jatim Buka Pendaftaran Bacagub, Mahar Rp 35 juta Saja

Rabu, 23 Aug 2017 20:59 | editor : Abdul Rozack

Ketua DPW PPP Jatim Musyafa' Noer

Ketua DPW PPP Jatim Musyafa' Noer (net)

SURABAYA-Setelah PDI Perjuangan (PDIP), Partai Golkar dan Partai Demokrat membuka pendaftaran bakal calon gubernur (bacagub) Jatim. Kini giliran DPW PPP Jatim yang membuka pendaftaran. Dana sebesar Rp 35 juta harus disiapkan jika ingin mendaftar. 

Mahar tersebut terbilang cukup kecil dibandingkan dengan PDIP dan Partai Golkar. Dimana masing-masing memberikan syarat Rp 100 juta dan Rp 50 juta. "Uang pendaftaran ini harus dibawa ketika mengambil formulir pendaftaran. Ini guna melihat keseriusan para calon yang mendaftar. Jangan sampai mengambil tapi gak mengembalikan pendaftaran," ujar Ketua DPW PPP Jatim Musyafa' Noer, Rabu (23/8). 

Disampaikan olehnya, pendaftaran ini sendiri dibuka sesuai instruksi dari DPP PPP. Dimana setiap DPC atau DPW yang dirasa belum memiliki bakal calon kuat untuk maju dalam pilkada serentak 2018, diharapkan membuka pendaftaran malai tangga 1 hingga 31 Agustus. "Maka dari itu mulai hari ini DPW PPP Jatim launching pendaftaran," jelasnya. 

Kendati demikian, Musyafa' menilai waktu yang diberikan oleh DPP terlalu pendek. Oleh karenanya, pihaknya meminta kepada pengurus pusat agar memperpanjang waktu. Setidaknya masa pengembalian formulir. "Waktu pendaftaran ini juga termasuk pilkada serentak di 18 kabupaten/kota," urainya. 

Diterangkannya, hasil dari penjaringan ini nantinya bakal menjadi rekomendasi kepada DPP PPP untuk mementukan cagub yang diusungnya. Sebab, keputusan akhir ada ditangan pimpinan pengurus pusat. DPW sifatnya hanya sebagai memberikan pertimbangan atas beberapa nama yang masuk. 

"Ada beberapa poin kriteria yang menjadi pertimbanga. Diantaranya, integritas, kapasitas, kapabilitas, elektabilitas dan popularitas. Itu semua dikemas melalui survei," paparnya sembari menyebutkan bahwa baik DPP ataupun DPW juga memiliki lembaga survei untuk mengukur itu semua. Nama-nama teratas menjadi pertimbangan. 

Pendaftaran ini sendiri sifatnya  terbuka bagi semua masyarakat di Jatim. Baik internal maupun eksternal partai yang ingin berperan di pilkada. 

(sb/bae/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia