Jumat, 24 Nov 2017
radarsurabaya
icon featured
Events

Capaian Program JKN-KIS Terus Meningkat

Selasa, 22 Aug 2017 20:52 | editor : Abdul Rozack

PUBLIC EXPOSE: Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya, dr Mokhamad Cucu Zakaria (tengah) bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, dr Dwi Hesti Yuniarti (kanan) saat Public Expose Capaian Kinerja BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya dan Cabang S

PUBLIC EXPOSE: Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya, dr Mokhamad Cucu Zakaria (tengah) bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, dr Dwi Hesti Yuniarti (kanan) saat Public Expose Capaian Kinerja BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya dan Cabang S (ISTIMEWA)

Surabaya - Bergulirnya program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berdampak terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Program JKN-KIS membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk mendapat jaminan pelayanan kesehatan. Secara bertahap, Program JKN-KIS pun terus berkembang pesat hingga kini dan bergerak menuju cakupan semesta. Sampai dengan saat ini, secara nasional jumlah masyarakat yang telah mengikuti Program JKN-KIS mencapai 180 juta jiwa atau lebih dari 70 persen dari jumlah proyeksi penduduk Indonesia di tahun 2017. 

Adapun pencapaian kinerja Program JKN-KIS untuk BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Surabaya dimana wilayah kerjanya adalah Kota Surabaya, juga terus mengalami peningkatan. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya, dr. Mokhamad Cucu Zakaria mengatakan, sampai dengan 30 Juni 2017, jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya mencapai 2.367.449  jiwa. Termasuk di dalamnya peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan Program JKN-KIS oleh Pemerintah Kota Surabaya sebanyak 278.348  jiwa. 

“Pertumbuhan jumlah peserta ini juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama. Saat ini Kantor Cabang Utama Surabaya telah bermitra dengan 206 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 63 Puskesmas,35 Dokter Praktik Perorangan, 10 Dokter Praktik Gigi Perorangan, dan 98 Klinik Pratama,” papar Zakaria saat Public Expose Capaian Kinerja BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya dan Cabang Sidoarjo, di Kota Surabaya (22/08). 

Selain itu, lanjut dia, BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya juga telah bekerja sama dengan 41 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 37 Rumah Sakit (3 RS Kelas A Pemerintah,5 RS Kelas B Pemerintah, 6 RS Kelas B Swasta,3 RS Kelas C Pemerintah, 11 RS Kelas C Swasta, 4 RS Kelas D Pemerintah, 5 RS Kelas D Swasta) dan4 Klinik Utama, 32 Apotek, serta 17 Optik.

Di tempat sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, dr. Dwi Hesti Yuniarti, mengungkapkan pencapaian kinerja Program JKN-KIS untuk BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sidoarjo sendiri yang mencakup Kabupaten Sidoarjo terus mengalami peningkatan. Sampai dengan 30 Juni 2017, jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjomencapai 1.284.253 jiwa. Termasuk di dalamnya peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan Program JKN-KIS oleh Pemerintah Daerah Sidoarjo melalui program Jamkesda, sebanyak16.185 jiwa.

Hesti memaparkan, pertumbuhan jumlah peserta ini juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama. Saat ini Kantor Cabang Sidoarjo telah bermitra dengan 144 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 26Puskesmas,23Dokter Praktik Perorangan, 13 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 71 Klinik Pratama, dan 11 Klinik TNI/POLRI. Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo juga telah bekerja sama dengan 29 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 11 Rumah Sakit, 9 Apotek, serta 9 Optik.

“Kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah terhadap komitmen untuk menyukseskan Program JKN-KIS,” Kata Hesti.

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia