Kamis, 21 Sep 2017
radarsurabaya
Features

Sulap Daun Kersen jadi Antiseptik Pembersih Tangan

Kamis, 13 Jul 2017 16:33 | editor : Abdul Rozack

Lebat: Daun Pohon Kersen yang Lebat ini Ternyata Dapat Dijadikan Antiseptik Tangan

Lebat: Daun Pohon Kersen yang Lebat ini Ternyata Dapat Dijadikan Antiseptik Tangan

SURABAYA-Keberadaan pohon kersen, atau ada yang menyebutnya pohon talok memang cukup melimpah dan tumbuh subur di Surabaya dan sekitarnya. Bukan hanya untuk dimakan, namun kandungan saponin, tanin dan flavonoid pada daun kersen memiliki manfaat untuk dijadikan hand sanitizer atau antiseptik tangan. 

Berangkat dari sana, lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga melakukan inovasi membuat hand sanitizer dari daun kersen yang diberi nama Calabura Septik. Kelima mahasiswa inovatif ini yaitu Maulita Maharani Ulfa, Nur Lailatul Fitrotun Nikmah, Shendy Canadya Kurniawan, Gayoh Mahardika Wan Mahsuri, dan Nandana Abimantra.

”Cara kerja dari saponin, tanin dan flavonoid adalah menghambat pertumbuhan bakteri atau bakteriostatik, dan itu ada pada daun kersen,” kata Maulita Maharani Ulfa, ketua tim, Rabu (12/7).

Kreativitasnya ini kemudian dituangkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K), dan berhasil lolos dari seleksi oleh Dikti. Maulita melanjutkan, ekstrak daun kersen yang berbasis natural protection ini juga ikut dalam upaya ekoefisiensi pohon kersen sendiri. Ekofisiensi yang dimaksudkan adalah memaksimalkan potensi dari keberadaan pohon kersen yang relatif banyak, dengan tanpa merusak ekosistem pohon kersen itu sendiri.

”Keunggulan yang kami tawarkan dalam produk ini adalah penggunaan nol persen bahan kimia, dapat dimakan atau edible, sehingga aman digunakan oleh segala umur,” kata Maulita. Sanitiser ini berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri atau bakteriostatik.

Apalagi, penggunaan hand sanitizer di kalangan mahasiswa dan masyarakat saat ini bukanlah suatu gaya hidup baru. Penggunaan hand sanitizer sudah menjadi kebiasaan masyarakat luas, karena penggunaannya praktis serta memiliki efek yang sama seperti cuci tangan. (psy/nur)

(sb/psy/alf/jek/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia