Selasa, 24 Apr 2018
radarsolo
icon featured
Boyolali

Kera Peghuni Taman Kridanggo Sering Curi Buah Warga

Senin, 16 Apr 2018 16:30 | editor : Fery Ardy Susanto

Kera di Taman Kridanggo, Minggu (15/4).

Kera di Taman Kridanggo, Minggu (15/4). (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

BOYOLALI – Pembangunan Simpang Siaga Boyolali berimbas hilangnya sebagian area Taman Kridanggo. Termasuk penghuninya, kawanan kera. Diketahui, kawanan kera tersebut lepas karena kandangnya sudah berkarat di makan usia. Mereka kini bebas berkeliaran di sekitar lembah Kali Gedhe.

Tari, 49, istri penjaga Taman Kridanggo, Saryono, 52, mengaku kawanan kera ini lepas dari kandangnya sejak setahun lalu. Selain di lembah Kali Gedhe, kera-kera ini seding dijumpai mampir ke pemukiman warga.

”Mereka biasanya hidup di semak-semak. Setiap hari mereka masih kembali ke sekitar kandang untuk mengambil jatah makan yang saya sediakan bersama suami. Biasanya saya beri pisang,” beber Tari kepada Jawa Pos Radar Solo.

Sejak hidup di alam bebas, populasi kera tersebut diketahui semakin bertambah. Seingatnya, saat kera itu lepas, jumlahnya sekitar empat atau enam ekor saja. Sekarang, jumlahnya sudah mencapai belasan ekor. Diketahui saat kera-kera tersebut mengambil jatah makanan.

Listya, 56, warga RT 2 RW 4, Kampung Gudang, Siswodipuran, Kecamatan Boyolali Kota membenarkan jika populasi kera semakin bertambah. Dia sempat menghitung jumlah kawanan kera tersebut.

”Saya beberapa kali menghitung, jumlahnya ada 13 ekor. Kebanyakan masih muda atau anak-anak. Ada satu ekor kera jantan besar, mungkin kepala kelompoknya,” terang Listya.  

Kawanan kera tersebut memang kerap menyambangi pemukiman warga. Meski belum sempat menyerang warga.

”Sering datang ke pekarangan ibu saya. Paling hanya bermain atau mencari makanan,” ujarnya.

Nanik, 83, tetangga Listya merasa risau dengan kehadiran kawanan kera tersebut. ”Tidak mau masuk ke rumah. Tapi kalau musim rambutan, mereka sering ambil. Ya saya biarkan saja, takut,” tuturnya.

(rs/wid/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia