Minggu, 22 Apr 2018
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Puluhan Pasutri Kebelet Adopsi Solehah

Senin, 16 Apr 2018 14:50 | editor : Fery Ardy Susanto

Bayi Solehah yang dibuang di masjid di Wonogiri.

Bayi Solehah yang dibuang di masjid di Wonogiri. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

WONOGIRI – Puluhan pasangan suami istri (pasutri) mengantre untuk mengadopsi bayi perempuan yang dibuang di Masjid Darul Khoir Dusun Demesan RT 2 RW 4, Desa/Kecamatan Giriwoyo, Solehah. Saat ini penanganan bayi tersebut diserahkan pada Dinas Sosial (Dinsos) Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede melalui Kapolsek Giriwoyo AKP Mulyanto mengatakan, saat ini masih dilakukan pengejaran terkait orang tua pembuang bayi malang tersebut. Selain itu, keberadaan bayi Solehah tersebut masih dititipkan di Bidan Desa setempat. Namun, penanganannya diserahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri.

”Belum ada titik terang, kami masih melakukan penyelidikan,” kata dia.

Bidan Desa Giriwoyo Dewi Mardiyanti mengatakan, kondisi bayi tersebut terpantau sehat. Puluhan pasangan suami istri sudah melihat secara langsung kondisi bayi dan berniat mengadopsi. Bayi tersebut memiliki panjang 45 cm dan berat badan 2,3 kilogram. Mereka yang minat untuk mengadopsi dipersilahkan untuk berkomunikasi dengan Dinsos Wonogiri. ”Sudah banyak yang melihat langsung. Rata-rata mereka mengaku belum punya anak,” kata Dewi, kemarin. 

Terpisah Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri Suwartono mengatakan, Jumat (13/4) lalu sudah ada 23 pasangan suami istri yang mendaftar untuk mengadopsi bayi tersebut. Hanya saja, proses mengadopsi bayi tidak mudah, ada syarat dan ketentuan yang harus dilalui. 

”Mendaftar dulu ke Dinsos dengan syarat fotokopi KK, fotokopi KTP suami istri, fotokopi surat nikat masing-masing rangkap 1,” papar dia.

Kemudian, para pendaftar akan diseleksi, bagi pendaftar yang usia pernikahannya kurang dari lima tahun langsung gugur. Setelah itu hasil seleksi ini kemudian diusulkan ke Dinas Sosial Provinsi. 

”Kami juga masih menunggu hasil penyelidikan kepolisian,” pungkas Suwartono.

Untuk diketahui, Bayi Solehah ditemukan di Masjid Darul Khoir pada Rabu (11/4) Petang. Siapa pembuang bayi tersebut masih misterius.

(rs/kwl/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia