Minggu, 22 Apr 2018
radarsolo
icon featured
Kombis

Pemesanan Tiket KA Tambahan Lebaran Sudah Dibuka

Senin, 16 Apr 2018 14:00 | editor : Fery Ardy Susanto

Suasana di Stasiun Purwosari Solo di malama hari. Hari ini PT KAI membuka pelayanan tiket mudik untuk KA tambahan.

Suasana di Stasiun Purwosari Solo di malama hari. Hari ini PT KAI membuka pelayanan tiket mudik untuk KA tambahan. (ISWARA BAGUS N/RADAR SOLO)

SOLO – Tiket kereta api (KA) reguler untuk mudik Lebaran sudah sold out sejak sebulan lalu. Bagi pemudik yang kehabisan tiket, jangan galau dulu. Sebab PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menyiapkan kereta tambahan sebanyak 20 rangkaian kereta (Trainset). Pelayanan pembelian tiket kereta tambahan ini dibuka mulai Senin (16/4) dini hari pulul 00.01 WIB.

Humas Daop VI PT KAI, Eko Budianto menjelaskan, ke-20 trainset ini meliputi 40 perjalanan. Tanggal operasional bervariasi. Terhitung mulai 8 Juni hingga 25 Juni mendatang.

”Total (tambahan) yang kami sediakan 23.752 seat.  Pemberangkatan hampir semua dari Jakarta, meski ada juga yang dari Bandung. Kota tujuan mulai dari Jogjakarta, Solo, Semarang, dan Surabaya,” kata Eko kepada Jawa Pos Radar Solo, Minggu (15/4).

Ditambahkan Eko, ada beberapa KA yang dioperasikan lebih awal, mulai 5 Juni hingga 26 Juni. Yakni Kertajaya Lebaran, Brantas Lebaran, dan Mataram Premium. Pelayanan tiket tambahan dapat diakses melalui berbagai cara. Mulai dari aplikasi KAI Access, kai.id, kontak center di 121, gerai dan minimarket, serta berbagai website dan mobile aplikasi yang telah bekerja sama dengan PT KAI.

Mendukung kemudahan akses, PT KAI juga telah memperbesar kapasitas bandwidth. Dari sebelumnya hanya 150 MB, saat ini kapasitasnya dinaikkan menjadi 400 MB.

”Selain itu, kami juga memperkuat sistem keamanan dengan meng-upgrade sistem firewall. Meminimalkan risiko gangguan sistem IT serta mengoptimalkan server penjualan tiket KA,” beber Eko.

Direktur PT KAI, Edi Sukmoro menjelaksan, pada masa angkutan Lebaran, pihaknya menyediakan fasilitas takjil dan makan gratis untuk berbuka puasa serta sahur bersama. Fasilitas ini diberikan kepada penumpang. sepuluh hari terakhir bulan Ramadan.

”Pelayanan di stasiun-stasiun, nantinya akan mengerahkan seluruh pegawai PT KAI,” ujarnya.

Sedangkan untuk posko angkutan Lebaran 2018, dibuka selama 22 hari. Mulai 5 Juni hingga 26 Juni. Selama masa berlakunya posko ini, pegawai PT KAI akan memaksimalkan dalam membantu pelayanan penumpang.

”Harapannya agar pelayanan dapat lancar. Kami juga tidak memperkenankan mereka mengambil cuti tahunan,” tandas Edi.

(rs/vit/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia