Kamis, 26 Apr 2018
radarsolo
icon featured
Sragen

ASN Jangan Malas Berolahraga

Sabtu, 14 Apr 2018 20:29 | editor : Fery Ardy Susanto

Di sela kesibukannya, sejumlah ASN melakukan peregangan otot, Jumat (13/4).

Di sela kesibukannya, sejumlah ASN melakukan peregangan otot, Jumat (13/4). (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

SRAGEN – Selama sepekan terakhir, setiap pukul 10.00 dan pukul 14.00 terdengar lagu Halo-Halo Bandung di lingkungan kantor Setda Sragen. Lagu itu merupakan tindak lanjut edaran terkait Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang ditekankan Kementerian Kesehatan.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan, kegiatan tersebut untuk mengendurkan otot para aparatur sipil negara (ASN) agar tidak tegang. Menurut bupati yang juga berprofesi sebagai dokter ini, sekitar pukul 10.00 otot ASN yang mulai bekerja pukul 07.00 sudah tegang.

”Oksigen harus mengalir deras ke otak. Caranya harus bergerak, sehari dua kali, selama lima menit,” ujarnya, Jumat (13/4).

Mbak Yuni, sapaan akrab bupati, mewanti-wanti agar seluruh ASN menindaklanjuti edaran tersebut. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, sekaligus menunjang kinerja.

Awalnya, senam ringan itu dilakukan di lingkungan dinas kesehatan. Namun, saat ini sudah meluas ke ASN di kantor Setda Sragen. Target selanjutnya adalah kantor kecamatan dan kelurahan.

Soal lagu dan gerakan senam, sementara itu masih mengikuti dari Kementerian Kesehatan. Namun, ke depan akan dibuat lagu dengan ciri khas Sragen.

”Kita bikin prototipe dulu,” ujar Mbak Yuni.

Senam sehat tersebut, imbuh bupati, juga harus diimbangi dengan asupan makanan yang bergizi. Misanyla, pada setiap hidangan rapat bisa menyediakan buah-buahan lokal. Itu sekaligus mendongkrak ekonomi masyarakat.

(rs/din/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia