Jumat, 27 Apr 2018
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Jamin Kesehatan Ibu Hamil Kurang Mampu

Sabtu, 14 Apr 2018 16:30 | editor : Fery Ardy Susanto

Ibu dan bayinya menikmati liburan bersama keluarga.

Ibu dan bayinya menikmati liburan bersama keluarga. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

WONOGIRI – Dinas kesehatan (dinkes) akan membangun lima unit rumah singgah bagi ibu hamil di Eks Distrik Wonogiri. Tujuannya mendekatkan ibu hamil dari keluarga kurang mampu atau ibu hamil berisiko dengan layanan kesehatan.

Kepala Dinkes Wonogiri Adhi Dharma mengatakan, lokasi pembangunan rumah singgah antara lain di sekitar RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso, serta puskesmas rawat inap dengan pelayanan obstetri neonatus essensial dasar (Poned).

“Nanti tersebar di Wonogiri, Baturetno, Purwantoro, Jatisrono dan Pracimantoro,” ujar Adhi Dharma, Jumat (13/4).

Kabid Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Wonogiri Siti Mawarni menambahkan, rumah singgah akan beroperasi Mei mendatang. Anggaran yang disediakan sekitar Rp 15 juta per tahun dengan sistem kontrak.

“Anggarannya beda antara wilayah perkotaan dan pedesaan. Kita kan tidak pengadaan sebuah rumah begitu, tapi sewa atau kontrak per tahun,” ujarnya.

Di rumah singgah tersebut, lanjut Siti, ibu hamil bisa ditemani satu anggota keluargan. Sedangkan biaya hidup sehari-sehari selama berada di rumah singgah akan ditanggung pemerintah melalui jaminan persalinan.

“Ibu hamil yang sudah mendekati masa melahirkan atau ibu hamil berisiko tinggi bisa menggunakan fasilitas ini,” ungkapnya.

Menurut Siti, rumah singgah tidak bisa untuk melakukan persalinan. Namun, akan disediakan petugas untuk mengelola rumah singgah tersebut.

“Nanti ada yang mengelola, kalau urgent ada juga disediakan ambulans,” pungkasnya.

(rs/kwl/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia