Jumat, 27 Apr 2018
radarsolo
icon featured
Solo

Flyover Purwosari Bakal Dibangun Mirip Palur

Kamis, 11 Jan 2018 11:06 | editor : Bayu Wicaksono

Flyover Purwosari akan dibangun dengan bentuk huruf I.

Flyover Purwosari akan dibangun dengan bentuk huruf I. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

SOLO – Desain Flyover Purwosari akan dikerjakan setelah proyek Overpass Manahan. Dipastikan, desainnya bakal dibuat mirip dengan Flyover Palur, Karanganyar.

Flyover Purwosari akan melintang dari arah simpang tiga Kerten, naik ke atas rel Purwosari, dan turun ke Jalan Slamet Riyadi ke arah timur. Desain itu berubah dari rencana sebelumnya, yakni flyover berbentuk huruf Y dengan cabang mengarah ke Jalan Agus Salim. Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Surakarta Joko Supriyanto mengatakan, perubahan desain sudah sampai pembuatan detail engineering design (DED).

“Kemarin sudah dilakukan pemaparan DED oleh pemerintah pusat. Bentuknya sekarang jadi huruf I. Perlintasan sebidang Purwosari akan ditutup,” kata Joko.

DED flyover telah disusun oleh Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Jateng. Dalam rencana tersebut seluruh anggaran akan menjadi beban pemerintah pusat. Itu dengan catatan, pembangunan memang harus menunggu Overpass Manahan selesai. ”Bentuknya sama persis Flyover Palur,” tegas Joko.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menuturkan, ia sebenarnya ingin Overpass Manahan dan Flyover Palur dikerjakan bersamaan. Alasannya, dampak kemacetan yang ditimbulkan selama pembangunan bisa lebih singkat. Jika dikerjakan secara berurutan, maka masyarakat akan mengalami kemacetan lebih lama. ”Sebenarnya kalau dua proyek bareng, itu macet, macet sekalian. Setelah itu lancar,” tandas Rudy.

(rs/irw/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia