Sabtu, 21 Apr 2018
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Sempat Tertunda, Penambalan Tanggul Diharap Awet 

Senin, 08 Jan 2018 12:47 | editor : Perdana

Sempat Tertunda, Penambalan Tanggul Diharap Awet 

SUKOHARJO - Karya Bakti (Karbak) penambalan tanggul Situri/Jaran di Desa Grogol, Kecamatan Weru akhirnya terlaksana Senin (8/1). Warga bersama Kodim 0726/Sukoharjo dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo melakukan kerja bakti bersama. Penambalan dilakukan dengan bronjong.

Dandim 0726/Sukoharjo Letkol. Inf. Chandra Ariyadi Prakosa mengatakan, kegiatan sempat tertunda. Harusnya dilaksanakan pada Kamis (4/1). Namun, lantaran kondisi lokasi yang belum mendukung dan cuaca yang terus hujan kegiatan tersebut terpaksa ditunda. "Ini kegiatan bisa terlaksana dengan lancar," papar dia. 

Target penambalan tanggul dilakukan dua hari. Dia yakin proses tersebut bisa tercapai melihat antusiasme warga dan pihak terkait. Semuanya bahu - membahu untuk menyelesaikan pekerjaan pemasangan Bronjong ini. Letkol Inf Candra mengatakan, penambalan ini untuk solusi sementara. 

Kedepan pihaknya tetap ingin tanggul di wilayah tersebut dibangun permanen. Sebab, selain titik yang ditambal tersebut ada titik lain yang juga pernah jebol. Artinya, kondisi tanggul tersebut tetap rawan jebol. "Ini kita sudah koordinasikan dengan pihak terkait untuk membuat tanggul permanen," katanya. 

Kepala Desa (Kades) Grogol, Kecamatan Weru Heri Putut mengatakan,  ada bantuan sebanyak 18 beronjong dari Pemkab Sukoharjo. Sementara, Kodim 0726 membantu alat berat. Pihak desa nanti menyiapkan batu untuk isi bronjong. Selain itu, pihak Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) juga ikut membantu. (yan)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia