Rabu, 17 Jan 2018
radarsolo
icon featured
Olahraga

Pelatnas NPC Dimulai 15 Januari

Jumat, 05 Jan 2018 12:32 | editor : Bayu Wicaksono

Pelatnas NPC Dimulai 15 Januari

SOLO – Tahapan persiapan menyambut Asian Para Games (APG) 2018 di Jakarta Oktober mendatang segera digelar. Atlet-atlet APG 2018 yang tergabung di National Paralympic Committee (NPC) Indonesia akan mulai mengikuti pelatihan nasional (Pelatnas) di Kota Solo Senin (15/1) mendatang.

Presiden NPC Senny Marbun mengatakan, segala sesuatu yang dibutuhkan di pelatnas sudah dipersiapkan. Hanya saja, pelaksanaanya mundur dari jadwal direncanakann mulai 1 Januari menjadi Senin (15/1) mendatang.

”Kami baru memanggil atlet-atlet yang nantinya akan ikut di pelatnas. Total ada 300 atlet,” kata Senny kepada Jawa Pos Radar Solo.

Dijelaskan, pelatnas NPC untuk APG 2018 dipusatkan di Kota Solo selama hampir sepuluh bulan ke depan. Sesuai dengan jadwal pelaksanaan APG yang rencananya digelar Oktober mendatang. Selama pelatnas, seluruh keperluan atlet di 18 cabor akan ditanggung. Mulai dari tempat inap, lokasi latihan hingga peralatan latihan.

”Semua sudah kita siapkan dan siap digunakan. Hanya beberapa peralatan latihan yang masih proses,” imbuhnya.

Dijelaskan, ke 300 atlet tersebut merupakan hasil seleksi sebelumnya. Baik melalui even Pekan Paralympik Nasional (Peparnas), Pekan Paralympik Pelajar Nasional (Peparpenas) hingga seleksi terbuka di Solo akhir tahun lalu.

”Selama pelatnas nanti masih kita terapkan sistem promosi-degradasi. Artinya meskipun nanti ada atlet bagus yang belum ikut pelatnas akan kita promosikan,” jelasnya.

Di APG 2018 nanti ada 18 cabor. Yakni panahan, atletik, bulutangkis, boccia, catur, goalball, judo, lawn bowl, angkat berat, menembak, renang, tenis meja, anggar kursi roda, yudo tuna netra, paraycling, voli duduk, tenis kursi roda, dan basket kursi roda.

”Andalan kita ada bulu tangkis, catur, renang, tenis meja, dan angkat berat. Cabor lainnya tetap kami upayakan agar bisa meraih medali, mengingat Indonesia ditargetkan bisa meraih lima besar,” tandasnya.

(rs/adi/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia