Sabtu, 24 Feb 2018
radarsolo
icon featured
Kombis

Ayam Kodok untuk Pesta Tahun Baru

Jumat, 29 Dec 2017 13:36 | editor : Perdana

Ayam Kodok untuk Pesta Tahun Baru

SOLO – Pesta perayaan malam Tahun Baru telah dipersiapkan sejumlah hotel dengan berbagai tema. Tak terkecuali di Sala View Hotel yang mengemas acara gala dinner dengan beragam pilihan menu.

Tak tanggung-tanggung, acara gala dinner itu pun tidak bertempat di restoran hotel setempat. Namun, lokasinya dipindah ke ballroom hotel dan disiapkan 120 pax. Executive Chef Sala View Karjoko mengatakan, gala dinner akan menghadirkan international buffet dan stole live cooking. 

Ia menekankan pada menu-menu Asia dan Eropa, di samping ada menu lokal lain. ”Pertama, akan ada Ayam Kodok. Menu ini cukup unik dan mungkin belum familiar. Meski namanya Ayam Kodok, tidak ada unsur bahan kodok di dalamnya, 100 persen dari ayam,” tutur Chef Karjoko kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin (28/12).

Ayam Kodok, lanjut dia, merupakan masakan khas Eropa yang biasa dihadirkan untuk sajian perayaan pergantian tahun. Menu tersebut diolah dari ayam utuh yang masih fresh, kemudian diambil daging dan tulangnya tanpa merusak kulit ayam. Daging ayam lalu dihaluskan dan diberi bumbu rempah. Kemudian, dimasukkan kembali ke dalam kulit ayam. Ayam dimasak dalam oven selama 1,5 jam dengan suhu 60 derajat celcius dan disajikan dengan sayuran dan saus tartar.

Chef Karjoko juga menghadirkan Japanesse food, salah satunya live cooking Sushi Maki. Para tamu bisa memilih isiannya, mulai dari seafood, vegetarian, sapi, maupun ayam. Pengolahannya tentu sama dengan membuat sushi pada umumnya. Hanya, Chef Karjoko menggunakan nasi khusus yang lebih lembut dan pulen ketika dimakan.

”Kalau enggak suka sushi, saya juga ada Teriyaki Beef maupun chicken, mungkin yang lebih familiar. Selain itu, untuk Arabian food akan ada live cooking Sawarma serta dessert Pudding Rainbow. Tak lupa disajikan stole khusus tengkleng karena khas dari Solo,” pungkas Chef Karjoko. (gis/ria)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia