Sabtu, 21 Apr 2018
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Usai Terendam Banjir, Rumah Dilalap Api

Rabu, 13 Dec 2017 14:41 | editor : Perdana

LUDES: Warga berusaha memadamkan api yang membakar rumah Darmin di Dusun Putat, Desa Trukun, Pracimantoro.

LUDES: Warga berusaha memadamkan api yang membakar rumah Darmin di Dusun Putat, Desa Trukun, Pracimantoro.

PRACIMANTORO - Belum terlepas dari derita akibat bencana banjir Selasa lalu (28/12), Darmin, 60, warga Dusun Putat RT 3 RW 10 , Desa Trukan, Kecamatan Pracimantoro harus mengalami nasib pilu. Satu-satunya rumah yang menjadi tempat tinggal kini ludes dilalap api.

“Kejadian sekitar pukul 10.00. Rumahnya dalam keadaan kosong. Sedang ke sawah menanam padi,” kata salah satu warga Warsito, Selasa kemarin (12/12).

Peristiwa ini kali pertama diketahui warga sekitar yang melihat ada asap mengepul dari rumah Darmin. Warga kemudian berteriak meminta tolong untuk memadamkan api. “Warga kemudian bergotong royong memadamkan api dengan alat seadanya, sebagian menghubungi pemadam kebaran,” terang Warsito.

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 11.00. Seluruh harta benda milik Darmin nyaris terbakar semua. Diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Kapolres Wonogiri AKBP Roberto Pardede melalui Kapolsek Pracimantoro AKP Dwi Kristiyanto mengatakan bahwa Darmin dan istrinya Wasikem pergi ke sawah sejak pukul 06.30. Kemudian, sekitar pukul 10.30 tetangga korban melihat asap mengepul dari rumah korban.

“Keluar asap dari rumah korban dipikir sedang membakar  sampah. Namun setelah di tengok ada kobaran api di dalam rumah korban,” kata Kapolsek, kemarin.

Selanjutnya kata Kapolsek, tetangga korban  bersama warga berusaha memadamkan kobaran api. Rumah yang sebagian besar materialnya dari kayu tersebut terlalu cepat terbakar.  “Api dapat dipadamkan sekitar pukul 11.30,” katanya.

Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian materiil dihitung sekitar Rp 80 juta. Diduga, kebakaran terjadi akibat hubungan pendek arus listrik. (kwl/bun)


(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia