Kamis, 14 Dec 2017
radarsolo
icon featured
Klaten

Kantor Bupati Klaten Bakal Dilengkapi Lift

Selasa, 05 Dec 2017 16:56 | editor : Bayu Wicaksono

Gedung B Kompleks Setda Pemkab Klaten.

Gedung B Kompleks Setda Pemkab Klaten.

KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten telah menyiapkan anggaran Rp 2 miliar untuk membangun fasilitas penunjang di Kompleks Setda I. Fasilitas berupa lift ini akan melengkapi Gedung B atau Kantor Bupati Klaten. Sebab selama ini gedung berlantai 3 ini masih mengandalkan tangga.

Pembangunan lift Kompleks Setda I masuk dalam mata anggaran Dinas Perumahan dan Kawasan (Perwaskim) 2018. Seperti penuturan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perwaskim Klaten Pramana Agus Wijanarka. Dia menyebut pembangunan lift untuk efisiensi.

”Karena Kantor Bupati Klaten memiliki empat lantai, termasuk basement. Karena 4 lantai, wajib dilengkapi lift. Waktu pembangunan pertama belum dipakai, maka sekarang disusulkan,” kata Pramana kepada Jawa Pos Radar Klaten.

Sebagai informasi, semula pengadaan lift tidak dianggarkan. Kemudian dalam pembahasan RAPBD 2018, dianggarkan Rp 1,5 miliar. Saat pembahasan komisi, ditambah anggaran Rp 500 juta. Sehingga total menjadi Rp 2 miliar.

Basement Gedung B selama ini digunakan untuk Kantor Bagian Umum dan area parkir. Sedangkan lantai 1 untuk ruang kerja bupati, wakil bupati, sekda, empat asisten bupati, ajudan, dan ruang rapat B I. Selanjutnya di lantai 2 untuk bagian Tata Pemerintahan, Bagian Perekonomian, dan ruang rapat B2.

Terakhir di lantai 3, merupakan ruang Bagian Pembangunan, Bagian Hukum, Bagian Organisasi, dan dokumen hukum. Termasuk kantor dari dinas baru. Yakni Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten.

”Diharapkan dengan adanya lift, dapat meningkatkan kinerja pegawai Pemkab Klaten. Apalagi selama ini pegawai harus naik-turun menggunakan tangga. Padahal dalam satu hari bisa beberapa kali naik-turun tangga untuk menyelesaikan pekerjaan,” jelas Pramana.

Nah, naik-turun tangga dalam bertugas ini, berpotensi menguras fisik pegawai. Imbasnya pada kurangnya konsentrasi pada pekerjaan. Sayangnya, pengadaan lift tahun depan baru menyasar satu gedung saja.

Sedangkan untuk kompleks Setda II, yang saat ini tengah dibangun, memang dilengkapi lift. Namun khusus lift barang. Nantinya lift tersebut untuk memudahkan penataan arsip dinas yang menempati Kompleks Setda II.

”Karena Kompleks Setda II hanya terdapat lantai 2 dan 3 saja. Maka tidak akan dilengkapi lift untuk orang. Cukup dilengkapi lift barang karena lantai 2 untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Fungsinya ya mengangkut arsip-arsip itu,” beber Pramana.

Kepala Seksi (Kasi) Persandian dan Telekomunikasi (Sanditel), Diskominfo Klaten, Pinandita Bima Mahendra menyambut baik pembangunan lift tersebut. ”Tentunya sangat tebantu untuk mobilitas. Jadi tidak capek lagi naik-turun tangga. Apalagi pegawai yang sudah tua kadang enggan naik-turun,” ujarnya.

(rs/ren/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia