Senin, 11 Dec 2017
radarsolo
icon featured
Wonogiri

BENCANA WONOGIRI: Tembus Longsor, Satu Jeep Jadi Tumbal

Jumat, 01 Dec 2017 21:25 | editor : Bayu Wicaksono

Jeep yang terperosok ke jurang.

Jeep yang terperosok ke jurang. (WIBATSU ARISUDEWO/RADAR WONOGIRI)

WONOGIRI – Setelah dua hari berusaha menembus akses Karangtengah-Purwoharjo, puluhan anggota trail trabas dan Jeep Baturetno, Giriwoyo, Wonogiri kota berhasil tiba di Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Jumat (1/12). Mereka menyalurkan bantuan berupa sembako, obat-obatan, serta bantuan lainnya. 

Salah seorang relawan Wibatsu Arisudewo yang tergabung dalam tim trail trabas dan Jeep menuturkan, para relawan sukses menembus akses tertutup longsor pada Jumat sore (1/12). “Ada sekitar 50 personel yang membawa sembako,” ungkap Ari. 

Upaya relawan dari komunitas trail trabas dan Jeep menembus akses Karangtengah-Purwoharjo yang tertutup longsor.

Upaya relawan dari komunitas trail trabas dan Jeep menembus akses Karangtengah-Purwoharjo yang tertutup longsor. (WIBATSU ARISUDEWO/RADAR WONOGIRI)

Medan terjal, berlumpur, dan licin tidak menciutkan nyali tim trail trabas dan Jeep. Mengenakan peralatan trabas lengkap, sepeda motor trail pelan-pelan menyusuri sisa longsor. Di jok belakang terikat beragam bantuan diwadahi karung plastik.

Butuh waktu sekitar tiga jam dari Karangtengah menuju Purwoharjo. Padahal biasanya dapat ditempuh kurang dari 15 menit. Sebelum dapat dilintasi sepeda motor trail, jalur Karangtengah-Purwoharjo yang tertutup longsor dibuka menggunakan mobil Jeep sekaligus membawa bantuan kali pertama.

Tapi nahas, ketika hendak kembali ke posko Desa Temboro, kendaraan roda empat tersebut terperosok ke dalam jurang sekitar pukul 16.00. “Untung sopirnya bernama Wahyu tidak mengalami luka. Penyaluran bantuan tetap diteruskan,” kata Ari.

Ketika bantuan datang, imbuhnya, warga Purwoharjo kegirangan. Sebab, lebih dari 24 jam, daerah tersebut tak tersentuh bantuan karena akses tertutup longsor.

“Alat berat belum bisa masuk karena ada tower seluler yang tumbang dan menutup jalan. Ini besinya sedang dipotongi,” imbuhnya.

(rs/kwl/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia