Rabu, 17 Jan 2018
radarsolo
icon featured
Klaten

Perangkat Desa di Klaten Wajib Melek IT

Jumat, 01 Dec 2017 12:20 | editor : Bayu Wicaksono

Bintek tata usaha desa berbasis Siskeudes di Balai Desa Semangkak, Klaten Tengah.

Bintek tata usaha desa berbasis Siskeudes di Balai Desa Semangkak, Klaten Tengah. (ANGGA PURENDA/RADAR KLATEN)

KLATEN – Pengisian perangkat desa (Perdes) bakal dilakukan tahun depan. Syarat mutlak yang harus dimiliki, yakni melek informasi dan teknologi (IT). Minimal terampil mengoperasikan komputer.

Hal ini dikemukakan Kepala Seksi (Kasi) Penataan Kelembagaan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Klaten Agung Kristantana. Sebab saat ini administrasi keuangan desa telah menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang diakses melalui komputer.

”Seleksi perangkat desa dilakukan dengan tes tertulis dan ujian praktik komputer. Pengisian perangkat diawali dengan pembentukan panitia oleh kepala desa. Dari panitia tersebut, akan terbentuk panitia seleksi untuk menggelar tes,” kata Agung kepada Jawa Pos Radar Klaten.

Saat tes, panitia seleksi melibatkan lembaga pendidikan tinggi yang telah memiliki MoU dengan Pemkab Klaten. Ini untuk menjamin pelaksanaan seleksi transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

”Minimal usia 20 tahun dengan pendidikan minimal SMA sederajat. Tesnya tertulis dan komputer, hanya itu saja. Maka wajib bisa mengoperasikan komputer,” tandas Agung.

Dispermasdes Klaten belum menetapkan komposisi nilai untuk tes tertulis dan komputer. Nantinya dari hasil tes akan dipilih peringkat dua teratas. Lalu diajukan ke camat oleh kepala desa. Nantinya camat memiliki kewenangan memberi rekomendasi calon perangkat yang akan diangkat.

(rs/ren/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia