Sabtu, 25 Nov 2017
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Kretek Bang di Wonogiri Bakal Dilebarkan

Sabtu, 04 Nov 2017 08:25 | editor : Bayu Wicaksono

Jalur di bawah Kretek Bang sangat sempit sehingga rawan macet.

Jalur di bawah Kretek Bang sangat sempit sehingga rawan macet. (IWAN KAWUL/RADAR WONOGIRI)

WONOGIRI – Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri optimistis pelebaran Kretek Bang Wonogiri akan terealisasi pada 2018 mendatang. Saat ini tim dari dishub intens komunikasi dengan Kementerian Perhubungan terkait rencana tersebut.

Dishub telah melakukan kajian lapangan underpass Kretek Bang sejak 2016 lalu. Sempitnya jalur lalu lintas di bawah jembatan rel kereta api itu dinilai membahayakan jika tidak segera direnovasi. Terlebih dengan semakin meningkatnya jumlah kendaraan yang melintas di jalan utama Wonogiri itu.

“Kretek Bang ini kan berada di atas tikungan jalan raya utama. Pilar-pilarnya menjadikan luas jalan menyempit. Kondisi semacam itu membahayakan arus lalu lintas,” jelasnya.

Menurut Ismiyanto, dari pengukuran yang sudah dilakukan pada 2016 lalu, lebar jalan di bawah jembatan hanya 8,10 meter. Sedangkan lebar Jalan Ahmad Yani mestinya 14 meter.

“Ini kan rawan kecelakaan, karena jalan menyempit,” tambahnya.

Baru-baru ini pihaknya mendapatkan kabar gembira bahwa pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan telah menyetujui pelebaran Kretek Bang itu. Saat ini, tim dari dishub tengah memastikan hal tersebut ke pemerintah pusat.

“Kami yakin pada 2018 akan dilebarkan. Ini tim sedang memastikan ke pemerintah pusat,” ujarnya.

Diminta komentarnya terkait pelebaran Kretek Bang tersebut, Suparjo, 45, warga Giripurwo mengatakan bahwa memang Kretek Bang perlu dilebarkan untuk memperlancar arus lalu lintas. Hanya saja, perlu diperhatikan bentuk bangunannya supaya tidak banjir seperti under pass Makam Haji di Sukoharjo.

“Dilebarkan setuju sekali, tapi harus dibuat supaya tidak banjir. Seperti pengalaman di under pass Makamhaji yang selalu banjir,” pintanya.

(rs/kwl/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia