Jumat, 24 Nov 2017
radarsolo
icon featured
Sepak Bola

Sanksi Sadis PSSI untuk Persis

Rabu, 18 Oct 2017 20:36 | editor : Bayu Wicaksono

Pasoepati, stadion manahan

ISTIMEWA (Instagram Persis Solo @official.persissolo)

SOLO - Badai sanksi dari komisi disiplin (Komdis) PSSI sepertinya terus berlanjut. Belum juga kasus hukuman berat kepada pelatih Widyantoro selesai, kini tim Laskar Sambernyawa kembali mendapat sanksi.

Tak tanggung-tanggung, ada enam item sanksi yang diterima manajemen Persis, Selasa malam (17/10). Pertama, Persis dihukum denda sebesar Rp 33.750.000 karena suporter dituding masuk ke lapangan saat bertandang ke Cilegon di babak 16 besar.

Komdis juga menjatuhkan sanksi kepada empat pemain. Yakni Hendri Aprilianto, M Wahyu, Irkham Zahrul, dan Agung Supriyanto. Mereka dituding melakukan pengejaran dan pendorongan terhadap wasit saat Persis dijamu Cilegon United. Sanksi yang diterima berupa larangan bermain sebanyak satu kali pertandingan dan denda sebesar Rp 10 juta.

Yang lebih mengherankan, komdis juga mengeluarkan sanksi baru bagi Widyantoro. Dari semula larangan beraktivitas di sepakbola lingkungan PSSI selama 12 bulan akhirnya diperberat menjadi 18 bulan. Lantas muncul pertanyaan mengapa Komdis begitu mudah mengeluarkan sanksi ke Persis?

Wakil CEO, Persis Solo Saestu, Dedy M Lawe yang juga tim hukum Persis mempertanyakan keabsahan sanksi-sanksi dari komdis tersebut.

”Saya tidak tahu mengapa Komdis PSSI seperti menginjak pedal gas dalam-dalam memberikan sanksi untuk Persis. Kami akan menggelar pertemuan untuk menyikapi sanksi ini,” kata Dedy M Lawe, Rabu (18/10).

Manajemen akan mendalami kasus ini terlebih dulu. Tidak menutup kemungkinan, lanjut Dedy, pihaknya bakal melawan secara hukum.

”Kami akan telaah lebih dalam apakah tindakan Komdis PSSI ini memang sudah sesuai aturan. Karena terlihat dengan gampang memberikan sanksi tanpa adanya bukti yang kuat. Kami akan melawan dengan jalur hukum apabila tindakan itu tidak berdasar dan terkesan ada titipan dari pihak tertentu,” tegas Dedy.

Di media sosial, Pasoepati dan Persis Fans menyuarakan kekecewaan terhadap PSSI. Hashtag #solomelawan menggema sebagai bentuk protes mereka atas sanksi berat yang diterima Persis.

(rs/adi/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia