Rabu, 13 Dec 2017
radarsolo
icon featured
Klaten

Petugas Damkar Bersertifikasi di Klaten hanya Dua Orang

Rabu, 11 Oct 2017 22:14 | editor : Fery Ardy Susanto

Reppeling dalam bintek petugas damkar di Rusunawa Klaten, Rabu (11/10).

Reppeling dalam bintek petugas damkar di Rusunawa Klaten, Rabu (11/10). (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

KLATEN - Dalam upaya meningkatkan kompetensi petugas pemadam kebakaran di Klaten, digelar bimbingan teknis (Bintek) dan sertifikasi dalam penanganan kebakaran. Digelar lima hari, 9-13 Oktober. Bintek dilakukan lantaran dari 30 petugas damkar yang ada saat ini, baru dua orang yang mengantongi sertifikasi level 1.

“Bintek dan sertifikasi ini digelar untuk meningkatkan SDM yang kami miliki. Termasuk memberikan pemahaman kepada petugas damkar terkait pedoman dalam penanganan kebakaran. Apalagi selama ini kita dituntut untuk selalu siap dan siaga untuk segera menuju lokasi ketika ada panggilan,” jelas Kabid Linmas Satpol PP Klaten, Endang Hadiyati Setyowati kepada Jawa Pos Radar Solo.

Sebagai informasi, bintek dipimpin instruktur yang ditunjuk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Keterampilan dan pemahaman tentangan penanganan kebakaran dasar diasah selama mengikuti bintek. Meski begitu, petugas damkar yang mengikuti sertifikasi tidak otomatis langsung lolos.

Endang mengakui, jika selama ini kompetensi petugas damkar sejak awal hanya mendapatkan bimbingan dan pelatihan dari para senior saja. Maka itu melalui bintek itu membuat para petugas damkar memahami akan tugas dan perannya dalam penanganan kebakaran. Jadi ketika dibutuhkan bantuan oleh masyarakat dapat langsung siap menjalankan tugasnya.

(rs/ren/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia