Rabu, 13 Dec 2017
radarsolo
icon featured
Klaten

Adu Kreasi dalam Festival Ketoprak Pelajar

Senin, 09 Oct 2017 11:08 | editor : Bayu Wicaksono

ketoprak pelajar klaten

Pertunjukan salah satu adegan dari peserta festival ketorak pelajar. (BOY RAHMANTO/RADAR KLATEN)

KLATEN - Lima sekolah ikut berpartisipasi dalam Festival Ketoprak Pelajar yang baru pertama digelar akhir pekan lalu. Sekolah yang mengirimkan siswanya yaitu SMPN 7 Klaten, SMPN 4 Klaten, SMPN 1 Klaten, SMPN 2 Karangnongko dan SMP Kristen 1 Klaten.

Meski baru remaja, penampilan apik ditunjukkan dalam pementasan ketoprak dengan lakon yang diambil berasal dari daerah sekitar Klaten. Seperti dari SMPN 7 Klaten, mengangkat tema tentang asal usul daerah Jimbung yang merupakan tempat di wilayah Klaten.

Ada juga penampilan yang membawa cerita legenda Candi Sewu diperankan puluhan siswa asal SMP Kristen 1 Klaten. Meski pemeran dalam festival ini masih berusia belia, namun peran tokoh dalam pementasan sangat lihai dan mampu menyelami tokoh yang diperankan.

"Mereka sangat berpotensi untuk menjadi seniman. Siswa total dalam menjalankan peran, sehingga kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memotivasi semangat siswa," ujar Penggagas Festival Ketoprak Palajar Edy Sulistyanto.

Dia berharap, adanya festival ketoprak pelajar diharapkan menjadi wadah untuk belajar dan mengasah potensi seni yang dimiliki siswa. Dia bersyukur Pemkab Klaten mengapresiasi kegiatan tersebut. Terbukti diberikannya piala bergilir dari Plt Bupati Klaten Sri Mulyani.

Dalam festival kali ini, kontingen dari SMP Kristen 1 Klaten berhasil menempati juara umum.

(rs/bay/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia