Kamis, 14 Dec 2017
radarsolo
icon featured
Sepak Bola

Persis Solo Lolos ke Babak Delapan Besar

Sabtu, 07 Oct 2017 11:34 | editor : Perdana

Persis Solo Lolos ke Babak Delapan Besar

SOLO – Laga panjang yang menguras energi tertebus. Persis Solo memastikan diri lolos babak delapan besar Liga 2 2017. Tiket tersebut didapat usai menang tipis 1-0 atas PSPS Riau di Stadion Manahan kemarin sore (6/10).

Pencapaian ini mengulang memori Liga Indonesia 2014. Namun, musim ini, Laskar Sambernyawa punya target besar menembus kasta tertinggi Liga 1.

Kemenangan 1-0 tersebut mengunci tiket lolos ke babak delapan besar. Persis mengoleksi sepuluh poin hasil tiga kali kemenangan di kandang, satu seri, dan sekali kalah. Kepastian itu juga dipengaruhi hasil pertandingan lain grup A antara Cilegon United kontra PSS Sleman di Stadion Krakatau Stell. PSS yang sempat unggul 2-1 hingga menit akhir, kembali kecolongan di injury time. Skor berakhir 2-2.

Sementara pertandingan terakhir Persis melawan PSS di Stadion Maguwoharjo, Sleman Selasa (10/10) tidak berpengaruh ke posisi Persis. Satu tiket sisa masih akan diperebutkan tiga tim lain. Jika PSS menang atas Persis, dan Cilegon United kalah dari PSPS Riau, maka PSS yang akan jadi runner up grup A.

Tapi, jika Cilegon United menang atas PSPS, maka Cilegon akan menemani Persis dengan poin sama. PSPS juga berpeluang lolos meski sangat kecil. Dengan catatan PSS kalah melawan Persis, dan PSPS menang atas Cilegon United.

Persis patut berterima kasih pada perjuangan pemainnya yang tak kenal lelah. Mereka sudah berinisiatif menyerang sejak menit pertama. Memasang formasi terbaik 4-4-2, duet Rudiyana dan Tri Handoko sudah memberi ancaman.

Duo winger Dedi Cahyono Putro dan Irkham Zahrul juga tampil impresif. Namun, Persis baru berhasil memecah kebuntuan di menit 22. Berawal dari serangan balik Tri Handoko, tendangan kerasnya menyentuh tangan pemain belakang PSPS Tegar Pangestu.

Wasit Tabrani menunjuk titik putih. Tri Handoko mengeksekusi langsung tendangan penalti. Persis unggul 1-0 atas tamunya. Tertinggal satu gol, PSPS tampil lebih menyerang. Tensi pertandingan meningkat. Kapten Persis M Wahyu harus diganjar kartu kuning karena melanggar keras.

Kiper Agung Prasetya juga tampil menawan dengan menggagalkan sejumlah peluang emas PSPS. Hingga babak pertama, skor 1-0 untuk keunggulan Persis.

Babak kedua kian keras. PSPS lebih agresif dalam menyerang. Agung Prasetya lagi-lagi mampu mementahkan peluang emas PSPS melalui tendangan bebas Ichsan Pratama. Pemain asal Sleman ini juga mengeblok tendangan keras Wazir Kahfi.

Alur serangan PSPS selalu mentah di barisan pertahanan Persis. Persis memasukkan tiga pemain baru sekaligus. Eli Nasoka digantikan Bayu Andra, Irkham dgantikan Bayu Nugroho, dan Rudiyana digantikan Joko Prayitno.

Hasilnya, lini serang Persis kian garang. Sayang, beberapa peluang gagal dimaksimalkan. Skor 1-0 Persis bertahan hingga peluit akhir. Seluruh isi stadion bergemuruh menyambut kesuksesan tim kebanggaan Wong Solo lolos ke babak selanjutnya.

Asisten pelatih Persis Solo Albert Rudiyana merasa beruntung dengan kemenangan itu. Satu gol didapat dengan cara tidak mudah. Apalagi tim tamu sangat tangguh dalam memberi perlawanan.

”Kemenangan ini sangat mahal bagi kami, dan kami bersyukur. Karena tidak didampingi head coach Widyantoro. Ini jadi bekal untuk menatap babak selanjutnya,” terang Albert.

Asisten pelatih PSPS Marwal Iskandar mengaku timnya kurang beruntung. Tim asuhannya mulai menekan di babak ke dua. Sayangnya, peluang yang didapat tidak dimaksimalkan dengan baik.

”Babak dua kami kuasai pertandingan, pemain belakang mereka tangguh. Sekecil apapun peluang yang ada di pertandingan terakhir akan kami maksimalkan dengan baik,” tandasnya. (adi/wa)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia