Kamis, 21 Sep 2017
radarsolo
Karanganyar

Belasan Bangunan Liar di Jaten Dirobohkan Satpol PP

Rabu, 13 Sep 2017 17:37 | editor : Bayu Wicaksono

Satpol PP Karanganyar melakukan pembongkaran bangunan liar di ruas jalan ringroad Utara, Sroyo Jaten, Karanganyar.

Satpol PP Karanganyar melakukan pembongkaran bangunan liar di ruas jalan ringroad Utara, Sroyo Jaten, Karanganyar. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

KARANGANYAR – Lantaran dianggap mengganggu ruang milik jalan (RMJ), 13 bangunan liar di kawasan jalur lingkar utara Ring Road yang melintas di wilayah Sroyo, Jaten, Karanganyar terpaksa harus dibongkar paksa oleh Satuan Polisi Pamong Pradja (Satpol PP).


Pantauan Radar Solo, proses pembongkaran sendiri berjalan dengan tertib dan tidak ada protes dari sejumlah pemilik bangunan liar yang ingin mempertahankan bangunannya untuk tidak dibongkar petugas dari Satpol PP Karanganyar.


Kepala Satpol PP Kabupaten Karanganyar Kurniadi Maulato, mengatakan pembongkaran paksa terhadap 13 bangunan liar yang berada di sepanjang RMJ Ring Road Utara, yang masuk di wilayah Jaten, Karanganyar tersebut dilakukan setelah mendapat perintah dari pemerintah provinsi Jawa Tengah yang berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten Karanganyar untuk melakukan penertiban terhadap sejumlah bangunan liar lantaran mengganggu ruang milik jalan provinsi.


“Pembongkaran kita lakukan sesuai dengan peraturan dan perintah dari pemerintah provinsi serta kabupaten, bangunan tersebut kita bongkar paksa, lantaran dianggap mengganggu ruang milik jalan,” kata Kapala Satpol PP Karanganyar Kurniadi, Rabu (13/9), kepada Radar Solo.


Kurniadai menambahkan, sebelum jatuh tempo pembongkaran PKL periode pertama, pihaknya telah memberikan surat peringatan (SP) pertama hingga ketiga kepada pemilik bangunan liar tersebut. Namun, karena peringatan tersebut tidak digubris oleh pemilik bangunan, maka pembongkaran paksa langsung dilakukan dan tidak ada tendensi apapun.


"Sebelumnya kita sudah peringatkan 3 kali, akan tetapi tidak diindahkan oleh pemilik bangunan. Sebenarnya kami juga memberi kesempatan kepada pemilik untuk dapat membongkar sendiri. Tapi hal itu tidak dilakukan,” imbuhnya.


Untuk diketahui, pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten Karanganyar berencana bakal melakukan pengembangan jalan provinsi untuk jalur lingkar utara (Ringroad) Kota Solo. Dengan harapan agar arus lalu lintas menjadi lancar, dan jalur ring road dapat bersih dari bangunan liar.

(rs/rud/bay/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia