Sabtu, 23 Sep 2017
radarsolo
Klaten

AQUA Klaten Kembali Raih Penghargaan

Rabu, 13 Sep 2017 16:25 | editor : Bayu Wicaksono

SEREMONI: Penyerahan piagam penghargaan dari Mata Persada untuk AQUA Klaten.

SEREMONI: Penyerahan piagam penghargaan dari Mata Persada untuk AQUA Klaten. (BOY RAHMANTO/RADAR SOLO)

KLATEN -  PT Tirta Investama (AQUA) Klaten menerima apresiasi platinum dalam uji coba Matrik Penilaian Kinerja Sumber Daya Air (Mata Persada). Penyerahan dilakukan Dr. Agus M. Ramdan, Ketua Persatuan Ahli Air Indonesia (PAAI), kepada Rama Zakaria, Stakeholder Relation Manager Pabrik AQUA Klaten.

Pabrik AQUA Klaten merupakan salah satu perusahaan di Propinsi Jawa Tengah yang mendapatkan kesempatan untuk dinilai. Penilaian dilakukan oleh tim independen yang merupakan gabungan dari multisektor diantaranya universitas, Dinas ESDM Propinsi Jawa Tengah, Dinas PU Propinsi Jawa Tengah, dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

Kepala Pabrik AQUA Klaten, Dudun Wibowo mengatakan,  bahwa penerapan Mata Persada membantu untuk memastikan seluruh operasional perusahaan yang dijalankan telah sesuai dengan syarat-syarat perijinan dan kaidah-kaidah pengelolaan lingkungan seperti yang diatur dalam undang-undang.

“Tidak hanya kepatuhan regulasi, tetapi juga bagaimana membangkitkan kesadaran bahwa pengelolaan sumber daya air adalah tanggungjawab bersama dan penting untuk dijaga keberlangsungan sumber tersebut," ujarnya.

Teguh Dwi Paryono, Kepala Dinas ESDM Propinsi Jawa Tengah menegaskan bahwa penerapan Mata Persada akan mendukung keseimbangan antara pembangunan dan konservasi. “Selama ini, Fakultas geologi UGM telah menciptakan beberapa temuan, termasuk alat pantau tanah longsor. Ini adalah temuan yang bermanfaat bagi masyarakat. Saya sangat berharap kedepan kita bisa lebih baik dalam hal kendali atas sumberdaya air” ujar Teguh.

Sebagai Perusahaan yang bertanggung jawab terhadap kelestarian Sumber daya Air, AQUA Grup melakukan pemantauan  terhadap air yang digunakan untuk selanjutnya dilaporkan secara berkala kepada pemerintah daerah, baik secara kualitas dan kuantitas sesuai dengan regulasi yang berlaku. Dari sisi inisiatif Konservasi, AQUA Grup telah berkomitmen dalam Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk penanaman 30.000 pohon setiap tahun di setiap pabrik hingga tahun 2020.Di bulan yang sama AQUA Klaten juga meraih Radar Solo Award  atas dedikasi terhadap pemberdayaan masyarakat.

(rs/bay/bay/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia