Sabtu, 23 Sep 2017
radarsolo
Karanganyar

Batu Raksasa Ancam Pemukiman di Jatiyoso

Selasa, 12 Sep 2017 20:18 | editor : Fery Ardy Susanto

Batu Raksaya yang di Dusun Kembangan, Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar.

Batu Raksaya yang di Dusun Kembangan, Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

KARANGANYAR - Kenyamanan warga Dusun Kembangan, Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso terusik. Sebuah batu besar berdiameter belasan meter yang berada pinggir bukti terancam longsor. TUmpukan tanah di bawah batu lkama-lama terkikir akibat gerusan air hujan. Dikhawatikan, longsoran batu tersebut mengenai pemukiman warga di Dusun Kembangan yang tepat di bawahnya.

Kepala Desa Beruk, Sartono mengatakan, jika sewaktu-waktu turun hujan, batu tersebut berpotensi longsor. "Jelas kami sangat khawatir. Setelah kemarau ini, biasanya nanti ada tanah longsor. Kalau benar terjadi, bisa menimpa pemukiman satu RT di Dusun Kembangan,” kata Sartono kepada Radar Solo.

Diungkapkan Sartono, batu besar itu sudah dicek jajaran Polsek Jatiyoso. berada di tepi bukit dengan kemiringan 60-70 derajat. Jaraknya dengan pemukiman warga di bawahnya pun hanya sekitar 300 meter.

Warga dan pihak desa sudah mengirim surat ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar. Ditujukan kepada BPBD Karanganyar agar mendapatkan petunjuk teknis untuk penanganan masalah tersebut.

Kepala Pelaksanan BPBD Kabupaten Karanganyar, Bambang Djatmiko melalui Sekretaris BPBD, Hendro Prayitno mengungkapkan, pihaknya berencana mencarikan tukang pemecah batu professional.

(rs/rud/fer/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia