Rabu, 20 Sep 2017
radarsolo
Sukoharjo

E-Smart, Pusat Data IKM dan Jendela Pemasaran Produk Lokal

Selasa, 12 Sep 2017 19:14 | editor : Fery Ardy Susanto

Workshop E-Smart IKM KSAK di Hotel Brothers Solo Baru, Selasa (12/9).

Workshop E-Smart IKM KSAK di Hotel Brothers Solo Baru, Selasa (12/9). (RYANTONO P.S./RADAR SOLO)

KOTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia menelurkan program E - Smart. Mendukung keberadaan Industri Kecil dan Menengah (IKM). melalui program ini, data IKM akan terpusat sehingga pemasaran produk bakal semakin luas.

Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Kemenperin RI, Ratna Utarianingrum mengatakan, Sukoharjo menjadi sasaran pengenalan e-Smart ini. Sebab, jumlah IKM di Sukoharjo termasuk produktif. Kemenperin mendorong para pelaku IKM untuk memanfaatkannya. Pemerintah juga memanfaatkannya untuk membuat database IKM yang valid diseluruh Indonesia.

Beberapa IKM yang terkenal di Sukoharjo, yakni herbal, kerajinan, makanan, jamu dan lainnya. Sementara itu, soal database ini, cukup banyak fungsinya. Khususnya dalam pengambilan kebijakan. E-Smart sendiri juga terhubung langsung dengan salah satu situs jual beli online.

Jadi IKM yang tergabung di e-Smart akan terintegrasi dengan situs jual beli online tersebut. Sehingga bisa memasarkan produknya lebih luas. Selain itu, Kemenperin juga bisa langsung melakukan pemantauan aktivitas jual beli. Misalnya dalam transaksi, pedagang tidak mengirim produk ke pembeli. Kita akan tahu karena ada catatan dan itu kelihatan,” kata Ratna Utarianingrum saat membuka workshop E-Smart IKM KSAK di Hotel Brothers Solo Baru, Selasa (12/9).

(rs/yan/fer/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia