Rabu, 20 Sep 2017
radarsolo
Solo

Cyber Crime Polresta Surakarta Kian Kuat

Senin, 11 Sep 2017 16:46 | editor : Bayu Wicaksono

Wakapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai

Wakapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai (ISWARA BAGUS NOVIANTO/RADAR SOLO)

 SOLO – Menyesuaikan zaman, penjahat pun semakin canggih. Karena itu,  sarana prasarana dan sumber daya manusia pihak kepolisian dituntut tak ketinggalan zaman. Salah satunya memperkuat tim cyber crime  Polresta Surakarta dengan menggunakan peralatan modern.

Wakapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai menuturkan, dengan alat tersebut memungkinkan dengan cepat mengolah gambar yang direkam kamera Closed Circuitt Television (CCTV) untuk mengenali wajah pelaku kejahatan.

“CCTV sudah banyak tersebar di sejumlah sudut strategis. Tapi kelemahannya biasanya resolusi rendah. Dengan peralatan yang kita miliki nanti, gambar dapat diolah sehingga lebih jelas. Termasuk dapat mengenali wajah pelaku kejahatan,” ujar Andy akhir pekan kemarin mewakili Kapolresta Surakarta AKBP Ribut Hari Wibowo.

Selain alat canggih, Polresta Surakarta juga memiliki tim informasi teknologi (IT) untuk memaksimalkan fungsi alat tersebut. Mereka mendapat pelatihan langsung dari Mabes Polri. “Sehingga ke depan lebih mudah dalam melakukan ungkap kasus kejahatan,” ungkap Andy.

Bukan hanya memanfaatkan rekaman CCTV, tim tersebut akan melakukan patroli menangkal informasi hoax alias berita bohong. Dengan begitu, informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya tersebut dapat segera ditindaklanjuti.

“Kami masih menunggu sejumlah peralatan baru dari Mabes untuk melengkapi dibentuknya bagian cyber Polresta Surakarta. Rencananya tahun ini kita sudah akan menerima peralatan itu,” tegas wakapolresta. 

(rs/atn/bay/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia