Sabtu, 25 Nov 2017
radarsolo
icon featured
Sepak Bola

40 Menit Penentu Nasib, Persis Solo Yakin Bisa Balikkan Kedudukan

Senin, 04 Sep 2017 09:48 | editor : Bayu Wicaksono

40 Menit Penentu Nasib, Persis Solo Yakin Bisa Balikkan Kedudukan

SOLO – Perjuangan punggawa Persis Solo menjemput tiket babak 16 besar Liga 2 akan dimulai di Stadion Kanjuruhan, Malang sore nanti (4/9). Laga usiran dari pertandingan melawan PSIR Rembang di Stadion Krida, Rembang Minggu (16/9) akan dilanjutkan di menit ke 51 tanpa penonton. Laskar Sambernyawa, julukan Persis, harus mampu mengejar ketertinggalan satu gol (1-0).

Di atas kertas, Persis lebih diunggulkan. Komposisi pemain skuad asuhan Widyantoro itu masih komplet. Hanya striker Joko Prayitno yang diragukan tampil karena masih dibekap cedera hamstring kaki kirinya. Selebihnya, seluruh pemain dalam kondisi siap tempur.

Wiwid, sapaan Widyantoro sudah mempersiapkan laga itu sejak dua pekan terakhir. Bagi Persis, dua laga dengan lawan yang sama sangat krusial. Wajar jika Wiwid menganggap pertandingan tersebut seperti final. Dia pun meminta pemainnya berjuang ekstrakeras.

”Pemain termotivasi bisa mengubah kedudukan. Pemain kami minta bermain konsisten, berjuang keras, dan pantang menyerah. Kami optimistis bisa membalikkan keadaan,” tutur Wiwid.

Persis cukup percaya diri. Sebab, komposisi pemain yang dibawa saat bermain di Rembang masih komplet. Saat itu, Wiwid menerapkan skema 4-2-3-1 dengan menempatkan Tri Handoko sebagai lone striker.

Lini tengah diisi lima gelandang sekaligus M Wahyu dan Eli Nasoka sebagai double-pivot. Lalu di depannya ada trio Dedi Cahyono Putro, Egy Ardi, dan Bakori Andreas. Sementara posisi fullback dan kiper masih diisi skuad utama.

Nah, seluruh pemain itu siap diturunkan. Belum lagi ada bangku cadangan yang diisi pemain produktif seperti Rudiyana dan Bayu Nugroho.

”Tidak ada masalah dalam komposisi pemain yang kita bawa. Ada 18 pemain seperti halnya saat dimainkan di Rembang lalu, hanya Joko Prayitno yang tidak bisa saya turunkan,” jelas Wiwid.

Sementara, bandingkan dengan kubu lawan. PSIR Rembang dipastikan tidak diperkuat sejumlah pemain pilarnya saat itu. Sebut saja gelandang Ridho Bachtiar dan M. Bangkit Sabili yang terlanjur dicoret. Lalu center back Ilyas Sayogie yang masih dibekap cedera panjang dan striker Koko Hartanto yang izin melangsungkan pernikahan besok. PSIR yang sudah melakukan tiga pergantian pemain terpaksa bermain hanya dengan sembilan pemain.

Namun demikian, Wiwid enggan menganggap remeh lawan. Dia memilih fokus menatap laga meraih kemenangan. Apalagi, PSIR dikenal tim dengan tembok pertahanan tangguh. Sepanjang penyisihan grup, tim berjuluk Dampo Awang itu hanya kebobolan enam gol. Capaian itu mengantarkannya sebagai tim paling jarang kebobolan di Grup 4 bersama PSIS Semarang.

”Mereka main bagus, semua lini berbahaya. Kita akan berupaya memaksimalkan 40 menit sisa untuk menentukan nasib kami,” tandas Wiwid.

El capitano Persis M Wahyu mengaku siap menampilkan permainan terbaiknya. Kegagalan memetik poin penuh atas Persipon Pontianak di Manahan dan kekalahan perdana atas PSIS jadi cambuk.

”Kami ingin menuntaskan (lolos babak 16 besar) secepat mungkin di Kanjuruhan. Seluruh pemain siap all out,” tandasnya.

(rs/adi/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia