Kamis, 21 Sep 2017
radarsolo
Solo

Kapan Museum Keris Diresmikan?

Sabtu, 15 Jul 2017 19:55 | editor : Bayu Wicaksono

SOLO – Sudah setengah tahun pembangunan Museum Keris rampung, namun lagi-lagi belum ada kepastian soal peresmian dan operasionalnya. Dinas Kebudayaan (Disbud) Surakarta mengaku telah membuat laporan ke pemerintah pusat, tapi belum ada jawaban.

Ketua Komisi IV DPRD Surakarta Paulus Haryoto meminta disbud aktif berkomunikasi dengan pemerintah pusat guna memastikan peresmian museum. ”Meski kewenangan terkait peresmian ada di pusat, namun pemkot merupakan pengelolanya. Harusnya dinas bisa mendesak,” ucap Paulus kepada wartawan kemarin (14/7).

Ditambahkan Paulus, selama ini masyarakat menunggu-nunggu pembukaan Museum Keris. Jika tak segera dioperasikan, ia khawatir, bangunan museum justru bisa rusak sebelum bisa dinikmati masyarakat. ”Kami juga takut kondisi bangunan banyak yang rusak karena tidak digunakan,” beber dia.

Museum Keris dibangun sejak 2013 dibiayai APBN sebesar Rp 25 miliar dan APBD Rp 1,5 miliar untuk diorama dan story line. Pembangunan rampung pada akhir 2016. Namun, saat kunjungan ke museum akhir tahun ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perbaikan pada ornamen agar lebih bernuansa Jawa.

Sementara itu, Kepala Disbud Sis Ismiyato menyatakan, perbaikan dan penambahan ornamen bernuansa Jawa sesuai permintaan presiden, sudah dikerjakan. Saat ini sebenarnya museum sudah siap diresmikan. ”Kami masih menunggu penyerahan aset dari pusat. Semua syarat dokumen administratif sudah kami serahkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ucap Sis.

Lantas, kapan rencana peresmian museum? Sis belum bisa menjawab. Sebab, meski sudah meminta jadwa peresmian, namun jawaban tak kunjung diberikan oleh kemendikbud. ”Janjinya setelah Lebaran mau disurvei lagi. Tapi, sampai saat ini juga belum ada kabar,” pungkas Sis. (ria)

(rs/vit/bay/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia