Kamis, 21 Sep 2017
radarsolo
Olahraga
Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2017

PB Djarum Cari Calon Juara Dunia Bulutangkis di Kota Solo

Senin, 10 Jul 2017 09:12 | editor : Bayu Wicaksono

JAKARTA – PB Djarum kembali melanjutkan rangkaian Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2017. Setelah pada Maret hingga Mei lalu menjaring bibit pebulutangkis lewat Audisi Umum di tiga kota di luar Pulau Jawa, yakni Pekanbaru, Banjarmasin dan Manado, kini PB Djarum melanjutkan pencarian atlet muda bermental juara ke Kota Solo dan Cirebon, Jawa Barat. Audisi Umum di Solo akan berlangsung pada 22 – 24 Juli 2017.

Manajer Tim PB Djarum Fung Permadi mengungkapkan alasan mengapa Solo kembali menjadi salah satu tuan rumah Audisi Umum di Jawa Tengah. Selain antusiasme masyarakatnya terhadap bulutangkis yang demikian tinggi, Kota Batik ini juga memiliki tradisi panjang menghasilkan pebulutangkis berprestasi bagi Indonesia.

“Sejak dulu Solo terus melahirkan pebulutangkis dengan prestasi tingkat dunia. Kita berharap pada tahun ini adik-adik pebulutangkis dari Solo mampu meneruskan tongkat estafet tradisi juara PB Djarum dan juga prestasi bulutangkis Indonesia,” papar Fung, Jumat (7/7).

Fung menjelaskan, Solo kerap menjadi acuan dalam peta kekuatan bulutangkis di Indonesia. Sejumlah legenda bulutangkis Indonesia lahir dan berkembang di Kota Solo. Sebut saja nama-nama besar seperti Joko Supriyanto yang menjadi Juara Dunia Tunggal Putra 1993, Icuk Sugiarto Juara Dunia Tunggal Putra 1983, serta Bambang Suprianto Juara Ganda Putra All England 1994.

“Audisi Umum di Solo pada tahun lalu semangat dan antusiasme masyarakatnya sangat luar biasa. Kami berharap di Audisi Umum kali ini para peserta yang mendaftar bisa tampil lebih baik lagi, punya semangat juang tinggi, serta mental juara,” ujar Fung.

Guna mendapatkan bibit atlet dengan potensi terbaik, PB Djarum bakal menerjunkan tim pencari bakat yang merupakan legenda bulutangkis Indonesia dan para pelatih PB Djarum. Mereka adalah Sigit Budiarto, Hariyanto Arbi, Hastomo Arbi, Alvent Yulianto, Yuni Kartika, Engga Setiawan, dan Basri Yusuf. Para pencari bakat ini akan menjadi mata dan telinga PB Djarum dalam menjaring pemain dengan potensi dan bakat yang mumpuni.

Fung menambahkan, di Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2017, PB Djarum akan fokus mencari atlet putra dan putri dari kelompok U11 dan U13. Hal ini berbeda dengan audisi pada tahun-tahun sebelumnya yang terbagi dalam dua kelompok usia, U13 dan U15. Dengan pencarian dan pembinaan atlet di usia dini yang dimulai di klub, diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet dengan kemampuan terbaik dan meraih prestasi maksimal di masa depan.

“PB Djarum berkomitmen dalam melakukan pembinaan terhadap atlet sejak usia dini. Pembinaan yang terstruktur dan berjenjang di PB Djarum terhadap atlet usia dini, diharapkan bisa membentuk karakter dan mengasah para atlet untuk mengeluarkan kemampuan terbaik yang dimilikinya, kata Fung.

Adapun jadwal audisi umum di Solo ini digelar berbarengan dengan jadwal audisi umum di Kota Cirebon. Usai dua kota tadi, Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis masih akan terus berlanjut di kota-kota berikutnya.

Urutan selanjutnya, Audisi Umum akan menyapa Kota Purwokerto (Jawa Tengah) dan Surabaya (Jawa Timur) pada 5 – 7 Agustus 2017, kemudian di Kota Kudus (Jawa Tengah) pada 5 – 7 September 2017.

Seluruh peserta yang lolos di tiap kota bakal kembali berkompetisi di tahap Final Audisi Umum yang berlangsung pada 8 – 10 September di GOR Djarum, Djati, Kota Kudus.

Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2017 dapat diikuti oleh atlet putra dan putri berkewarganegaraan Indonesia dengan kategori U11 (berusia 6-10 tahun / kelahiran 2007-2011) dan U13 (untuk peserta dengan umur 11-12 tahun / kelahiran tahun 2005 dan 2006).

Audisi akan dilakukan dalam bentuk kompetisi dengan sistem gugur. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman www.pbdjarum.org atau dengan mendaftarkan diri secara langsung di GOR setiap kota audisi. Peserta diwajibkan melakukan daftar ulang satu hari sebelum tahap seleksi (H-1) sesuai kota audisi pilihannya. (adv)

(rs/bay/bay/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia