Senin, 22 Jan 2018
radarsolo
Sukoharjo

Investor Tunggu Perluasan Kawasan Industri Nguter

Jumat, 21 Apr 2017 18:01

Investor Tunggu Perluasan Kawasan Industri Nguter

Kawasan Industri Nguter (KIN) yang banyak dilirik investor. ( RYANTONO P.S./RADAR SUKOHARJO)

SUKOHARJO – Saat ini para investor menanti perluasan Kawasan Industri Nguter (KIN). Sebab, mereka ingin segera membuka usaha di lokasi tersebut. Daya tarik KIN bukan hanya pada investor lokal namun juga luar negeri.

 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sukoharjo Agustinus Setiyono mengatakan, pihaknya mendapat banyak pertanyaan dari calon investor berkaitan perluasan KIN. ”KIN menjadi salah satu sasaran yang dilirik oleh banyak investor. Tak hanya lokal namun juga beberapa diantaranya berasal dari luar negeri,” paparnya, kemarin.

 

Para investor ini sudah mengetahui bahwa di Sukoharjo terdapat kawasan khusus yang disediakan Pemkab untuk investor. Hal ini guna memudahkan investor dalam mencari lahan untuk usaha mereka.

 

Agus mengatakan, berkaitan dengan perluasan KIN ini tinggal menunggu pengesahan Perda dari gubernur. Dia berharap pengesahan perda tersebut segera turun. Sebab, sudah banyak investor menanyakannya dan ingin membuka usaha di KIN.

KIN sendiri rencananya akan diperluas dari sebelumnya 467 hektare menjadi 584 hektare. Realisasi perluasan tersebut diharapkan bisa terlaksana pada tahun 2017. ”Total penambahan perluasan lahan ada 117 hektare dan sekarang sudah dipersiapkan,” jelasnya.

 

Rencana perluasan tersebut akan menggunakan lahan di wilayah Kecamatan Bendosari dan Polokarto. Lokasi tersebut dipilih karena berdekatan dengan KIN di Kecamatan Nguter. Dari total 117 hektare lahan yang dipersiapkan diantaranya berada di Kecamatan Polokarto dipersiapkan lahan seluas 68 hektare sedangkan sisanya diperuntukan di Kecamatan Bendosari.

 

Lahan tersebut sudah ada dan tinggal menunggu payung hukum untuk pemanfaatannya sebagai perluasan KIN. Setelah lahan dipersiapkan diharapkan ada investor yang masuk untuk menanamkan investasinya. Sebab sekarang sudah ada beberapa investor memberikan sinyal akan membuka industri di KIN.

 

Terkait penambahan lahan sebagai perluasan KIN. Pemkab Sukoharjo sudah melakukan sosialisasi. Masyarakat diharapkan bisa segera mendapatkan informasi dan mengerti apabila lahanya akan dipakai sebagai lokasi industri. Persiapan juga dilakukan Pemkab Sukoharjo dengan mempersiapkan infstruktur berupa jalan. Nantinya dilokasi KIN akan dibangun Jalur Lingkar Timur (JLT) yang menghubungkan antara wilayah Kecamatan Bendosari, Polokarto dan Nguter.

Akses jalan sangat dibutuhkan tidak hanya kepentingan industri saja melainkan juga masyarakat. Sebab ketersediaan jalur dapat mempermudah transportasi antar wilayah. ”Pengembangan industri di Sukoharjo sebenarnya tak hanya di KIN. Di masing-masing kecamatan sudah ada kawasan industri sendiri seperti di Kecamatan Sukoharjo Kota di wilayah Kelurahan Jetis dan sebagainya,” terang dia. (yan/edy)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia