Senin, 22 Jan 2018
radarsolo
Klaten

Jaga Kondusivitas, Polres Klaten Gelar Apel Siaga

Kamis, 20 Apr 2017 10:26

Jaga Kondusivitas, Polres Klaten Gelar Apel Siaga

Jajaran kepolisian melakukan razia kendaraan di wilayah Bendogantungan. (ANGGA PURENDA/RADAR KLATEN)

KLATEN – Polres Klaten melaksanakan apel siaga pada Selasa (18/4) malam, kemarin. Hal itu sebagai wujud kesiapsiagaan dalam menjaga kondusivitas di wilayah Kabupaten Klaten. Apel siaga itu diikuti anggota Polres Klaten dan jajaran personel TNI Kodim 0723/Klaten. Lantas dilanjutkan dengan patroli skala besar dan razia di dua titik yaitu sisi timur dan barat Klaten.

“Apel siaga ini bersifat imbangan dan untuk menunjukan kesiapan Polres Klaten dalam menjaga kondusivitas di wilayah Klaten,” papar Kepala Bagian Operasional Polres Klaten Kompol Prayudha Widiatmoko, Selasa (18/4) malam lalu.

Selain itu juga diadakan razia dan patroli di Sub Terminal Karang Delanggu dan Bendogantungan. Kepolisian melakukan pengecekan surat-surat kendaraan. Seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) hingga barang bawaan yang ada di dalam kendaraan.

Razia dilakukan dengan menggiring semua kendaraan yang melintas di Jalan Jogja-Solo untuk memasuki Sub Terminal Delanggu. Dalam pelaksanaan razia itu juga melibatkan anggota TNI Kodim 0723/Klaten. “Ini juga untuk mencegah niat dari pelaku kejahatan ataupun orang yang berniat mengganggu keamanan di wilayah Klaten. Kami tak ingin adanya gangguan kamtibmas terjadi di wilayah Klaten. Hingga saat ini kami belum menemukan hal-hal yang mencurigakan,” terang Prayudha.

Menurut Prayudha diadakannya razia dan patroli tersebut juga untuk mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan. Selain itu, sebagai show of force Polres Klaten beserta jajarannya untuk mewujudkan antisipasi gangguan kamtibmas.

Sementara itu, dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, Kasat Binmas Polres Klaten AKP Nurwadi bersama Satgas gabungan operasi Bina Kusuma Candi 2017 melakukan patroli sekaligus imbauan kepada juru parkir disetiap pusat perbelanjaan, pada Rabu (19/4) pagi.

“Kami imbau supaya selalu memperhatikan kendaraan yang sedang parkir agar tak mengganggu pengendara lain. Apabila parkir sembarangan akan mengakibatkan kemacetan. Perhatikan juga soal keamanan kendaraan yang sedang parker. Jangan sampai terjadi kasus pencurian sepeda motor,” tegasnya.

Pihaknya juga menyampaikan agar selalu hati-hati dan waspada serta menjaga ketertiban. Jangan sampai memberikan ruang gerak kepada para pelaku kejahatan untuk melakukan tindakannya. Dengan upaya preventif tersebut diharapkan aksi premanisme disekitar tempat parkir dapat ditekan, sehingga masyarakat bisa tenang dan aman dalam memakirkan kendaraannya. (ren/edy)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia