Senin, 22 Jan 2018
radarsolo
Sukoharjo

55 Persen Kecelakaan Libatkan Pelajar

Senin, 17 Apr 2017 20:00

55 Persen Kecelakaan Libatkan Pelajar

Warga mendapat surat tilang lantaran tidak lengkap administrasinya. (RYANTONO P.S./RADAR SUKOHARJO)

SUKOHARJO – Sedikitnya 100 kasus kecelakaan (laka) lalu lintas (lantas) terjadi hingga Maret ini dengan korban jiwa 23 orang. Mirisnya, sebesar 55 persen dari kasus itu melibatkan pelajar.

 

Kasat Lantas Polres Sukoharjo AKP Finan Sukma Radipta melalui Kanit Dikyasa Iptu Sumanto mengatakan, pelanggaran dan korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya didominasi dari kalangan pelajar. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan dan belum lengkapnya persyaratan pelajar untuk membawa kendaraan bermotor di jalan raya.

 

Bentuk pelanggaran tersebut sering ditemukan petugas Satlantas Polres Sukoharjo saat rutin menggelar razia. ”Mereka kedapatan melakukan banyak pelanggaran, seperti belum punya surat izin mengemudi (SIM), tidak memakai helm, tidak patuh terhadap rambu lalu lintas, dan lainya,” ujar Sumanto.

 

Satlantas Polres Sukoharjo terus berusaha menekan angka kecelakaan lalu lintas dari pelajar dengan rutin melaksanakan kegiatan sosialisasi. Kegiatan dilakukan dengan mendatangi langsung sekolah dan memberikan bimbingan kepada siswa. Salah satu bentuknya yakni safety riding.

 

”Terus kami sosialisasikan tentang keselamatan berlalu lintas. Tidak hanya pengguna kendaraan bermotor, namun juga masyarakat umum agar ikut menjaga keselamatan di jalan. Kami tanamkan kesadaran dan kepedulian sejak dini, dimulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK,” pungkas Sumanto. (yan/ria)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia