Selasa, 23 Jan 2018
radarsolo
Solo

Rencana Pembangunan Rumdin, Pimpinan Dewan Lirik Wilayah Mangkunegaran

Kamis, 16 Feb 2017 10:25

Rencana Pembangunan Rumdin, Pimpinan Dewan Lirik Wilayah Mangkunegaran

Lahan SMPN 5 dilirik menjadi lokasi rumdin pimpinan DPRD, dengan syarat zonasi sekolah harus dilakukan dulu. (ISWARA BAGUS NOVIANTO/RADAR SOLO)

SOLO – Setelah gagal tahun lalu, rencana pembangunan rumah dinas (rumdin) untuk pimpinan DPRD diupayakan harus terealisasi tahun ini. Hanya, sampai saat ini belum ada kepastian di mana rumdin yang dianggarkan Rp 200 juta itu akan dibangun.

 

Ketua DPRD Surakarta Teguh Prakosa mengatakan, detail engineering design (DED) untuk rumdin sudah ada sejak tahun lalu. Rumdin yang dianggarkan tahun ini rencananya hanya untuk ketua DPRD. “Jadi, tidak difasilitasi untuk semua pimpinan. Untuk wakil ketua DPRD, akan diberikan tunjangan perumahan seperti halnya anggota DPRD yang lain,” tutur Teguh kepada wartawan.

 

Ditanya soal lokasi pembangunan rumdin, diakui Teguh, hingga saat ini belum ditentukan. Sebenarnya, Teguh punya gambaran soal lokasi rumdin di kawasan Mangkunegaran dengan memanfaatkan salah satu lahan SMPN. Namun, hal itu tentu baru bisa terealisasi setelah zonasi sekolah dilakukan.

 

Sebagaimana diketahui, pemkot tengah mengkaji pemindahan sejumlah sekolah yang berada di pusat kota, seperti SMPN 3, SMPN 5, dan SMPN 10. ”Jika salah satu dari SMP bisa dipindahkan ke wilayah Kleco dan digabung dengan salah satu SD untuk jadi Satap (sekolah satu atap), tentu akan sangat baik. Kemudian, sisanya SMP lain bisa dipindahkan ke Karangasem yang saat ini digunakan untuk rumah dinas pimpinan,” papar Teguh.

 

Baru setelahnya, rumdin pimpinan DPRD bisa dipindahkan ke kawasan Mangkunegaran, yang notabene berada di tengah kota. Sebab, idealnya rumah dinas pimpinan Muspida bisa di tengah kota yang memiliki akses mudah. Ini dengan pertimbangan mereka perlu menerima tamu-tamu dan masyarakat setiap waktu.

 

Sementara itu, Sekretaris Dewan (Sekwan) Surakarta Tri Puguh Priyadi menuturkan, keputusan lokasi rumdin berada di tangan wali kota. ”Masih menunggu keputusan wali kota. Sebab, penentuan lokasi rumah dinas berada di tangan wali kota,” tandas Puguh. (vit/ria)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia