Minggu, 22 Apr 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Kedu

Lansia 100 Tahun Nyaris Celaka

Rabu, 21 Mar 2018 14:15 | editor : Pratono

HANGUS : Rumah milik Markum yang atapnya ambrol karena terbakar dan nyaris menimpa pemilik rumah.

HANGUS : Rumah milik Markum yang atapnya ambrol karena terbakar dan nyaris menimpa pemilik rumah. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.ID – Rumah milik Markum, warga Kampung Pasar Anyar, Sumberejo Mertoyudan Kabupaten Magelang nyaris habis diamuk oleh si jago merah, Selasa (20/3/2018) sore. Api berhasil dipadamkan setelah separo rumah hangus terbakar.

Kapolsek Mertoyudan AKP Panca Widarsa menjelaskan, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Saat kejadian, nenek Markum yang berusia 100 tahun itu sedang memasak air di dapur menggunakan kayu bakar. Dapur tersebut terletak di dalam rumah. Tiba-tiba, api dari tungku memercik ke bagian atap rumah yang terbuat dari kayu.

Saat kejadian, angin bertiup cukup kencang.  Api pun langsung membakar bagian atap rumah dan menyambar barang-barang di dalam rumah. Nenek Markum yang masih ada di dalam rumah langsung berteriak meminta tolong. Sebagian atap rumah roboh dan hampir menimpa tuan rumah. Beruntung warga langsung dapat menolong. “Dua unit mobil pemadam kebakaran langsung dikerahkan untuk memadamkan api," kata Panca.

Kerugian dalam peristiwa ini diperkirakan mencapai Rp 3,5 juta. Korban yang tampak syok disarankan untuk sementara waktu mengungsi ke rumah keluarga.

Ketua RT 2 Kampung Pasar Anyar, Sumberejo Mertoyudan, Bambang menjelaskan, warga dikagetkan dengan teriakan minta tolong dari nenek Markum. Ternyata ia masih berada di dalam rumah ketika api terus membesar.

"Warga kemudian dengan membawa alat seadanya berusaha memadamkan api. Beruntung, api dapat dipadamkan, dan nenek Markum bisa diselamatkan," jelas Bambang.

(sm/cr3/ton/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia