Sabtu, 24 Feb 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Semarang

Lima Paslon Siap Bertarung di Pilbup Magelang dan Temanggung

Selasa, 13 Feb 2018 13:40 | editor : Baskoro Septiadi

LOLOS SEMUA : Para pasangan calon dan tim sukses yang akan berlaga di Pilbup Temanggung usai menerima surat penetapan dari KPU Temanggung, Senin (12/2/2018).

LOLOS SEMUA : Para pasangan calon dan tim sukses yang akan berlaga di Pilbup Temanggung usai menerima surat penetapan dari KPU Temanggung, Senin (12/2/2018). (AHSAN FAUZI/RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.ID - Lima pasangan calon siap bertarung di Pilkada wilayah eks Karesidenan Kedu. Tiga paslon akan berlaga di Kabupaten Temanggung dan 2 paslon di Kabupaten Magelang. Seluruh pendaftar di 2 kabupaten tersebut telah ditetapkan sebagai peserta Pilbup oleh KPU setempat.

Rapat pleno terbuka dengan agenda penetapan pasangan calon di Aula KPU Kabupaten Temanggung, Senin (12/2/2018) dipimpin oleh Ketua KPU Sujatmiko. KPU Temanggung menyatakan 3 pendaftar memenuhi syarat untuk maju sebagai calon bupati dan wakil bupati. Ketiga paslon yang ditetapkan adalah Bambang Sukarno dan Matoha yang diusung koalisi PDI Perjuangan dan PKB, Haryo Dewandono dan Irawan Prasetyadi (Partai Nasdem, Hanura dan Demokrat) serta Al Khadziq dan Heri Ibnu Wibowo (Partai Gerindra, PPP, Partai Golkar, dan PAN).

Sujatmiko mengatakan, ketiga bakal pasangan calon ditetapkan menjadi pasangan calon karena telah memenuhi persyaratan administrasi, dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung 2018. “Semua persyaratan pencalonan dan persyaratan calon sudah terpenuhi alias komplit. Maka hari ini (kemarin, red) kita tetapkan,” ucapnya.

Dalam penetapan kemarin, paslon Bambang Sukarno-Matoha dan Haryo Dewandono-Irawan Prasetyadi datang langsung. Sedangkan paslon Al Khadziq-Heri Ibnu Wibowo  diwakili oleh tim suksesnya.

Setelah ditetapkan, hari ini akan digelar pengundian nomor urut pasangan calon. Lokasi pengundian di Pendopo Pengayoman Temanggung. Dalam pengundian nomor urut, semua pasangan calon wajib hadir. KPU membatasi jumlah pendukung paslon yang bisa mengikuti pengundian nomor urut. "Sesuai kesepakatan, masing-masing pasangan calon hanya boleh membawa maksimal 50 orang," jelasnya.

Terpisah, KPU Kabupaten Magelang juga menetapkan semua pendaftar memenuhi syarat pencalonan dalam Pilbup Magelang. Rapat pleno berlangsung di ruang pertemuan KPU Kabupaten Magelang dan dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffuddin. 

Kedua pasangan calon yang ditetapkan adalah HM Zaenal Arifin SH sebagai calon Bupati Magelang berpasangan dengan H Rohadi Pratoto SH MSi sebagai calon Wakil Bupati. Paslon ini diusung Partai Golkar, Partai Gerinda dan PKS. Lawannya adalah pasangan Zaenal Arifin SIP sebagai calon Bupati Magelang berpasangan dengan Edy Cahyana sebagai calon Wakil Bupati Magelang. Paslon ini diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PDI Perjuangan, PAN, Partai Demokrat dan PPP.

(sm/san/bas/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia