Minggu, 18 Feb 2018
radarsemarang
icon featured
Destinasi

Kembangkan Wisata Alam di Desa Rejosari

Rabu, 07 Feb 2018 13:27 | editor : Pratono

DESA WISATA : Warga Dusun Mertokondo mempertunjukkan kesenian khas daerah setempat.

DESA WISATA : Warga Dusun Mertokondo mempertunjukkan kesenian khas daerah setempat. (Sumali Ibnu Chamid/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.ID - Dusun Mertokondo, Desa Rejosari, Kecamatan Kalikajar tengah berbenah untuk mengembangkan potensi wisata alamnya. Didukung antusiasme warga dan perhatian dari pemerintah Desa Rejosari, setidaknya ada 4 objek wisata berbasis keindahan alam yang siap dikembangkan, yakni Bukit Coko Bolo, Bukit Serandil, Curug Grenjeng dan arung jeram Tirto Jali.

Sesepuh desa sekaligus penasehat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mertokondo, Tirto Suwigyo menjelaskan, dusunnya juga menyimpan potensi wisata sejarah yang berkaitan dengan perjuangan Pangeran Diponegoro kala melawan penjajah Belanda. “Sisi sejarah yang menandai berdirinya Dusun Mertokondo ini cukup unik dan menarik karena jejaknya masih bisa kita temukan di petilasan Raden Bambang Margono, tokoh pendiri dusun ini yang terletak atas bukit sebelah timur dusun,” tutur Tirto.

Di Bukit Coko Bola dan Serandil, pengunjung akan disuguhi pesona alam dan keindahan semburat matahari terbit di pagi hari dan terbenam di sore harinya. Ke depan, juga akan dikembangkan wisata air lainnya, yaitu kolam renang dan waterboom.

Kepala Desa Rejosari Edi Sudiyoko akan merealisasikan pembangunan jalan sebagai akses menuju ke objek wisata sehingga nantinya para pengunjung merasakan kenyamanan saat hendak menikmati keindahan. Selain itu, pemerintah desa juga telah merencanakan untuk membangun sarana lain yaitu arena pentas seni dan budaya di salah satu lahan milik desa.

“Kalau semua pihak sudah memiliki semangat yang sama, berarti ke depan tinggal bagaimana warga menjaga agar objek wisata selalu bersih serta tetap ramah kepada setiap pengunjung yang datang,” tambah Penasehat Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Wonosobo Agus Purnomo.

(sm/ale/ton/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia