Kamis, 26 Apr 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Kedu
Pilkada Temanggung 2018

Bang Somat yang Pertama Daftar ke KPU

Rabu, 10 Jan 2018 07:00 | editor : Pratono

PENDAFTAR PERTAMA : Bambang Sukarno dan Matoha diarak kader PDI Perjuangan-PKB menggunakan delman saat mendaftar ke KPU Temanggung, Selasa (9/1/2018).

PENDAFTAR PERTAMA : Bambang Sukarno dan Matoha diarak kader PDI Perjuangan-PKB menggunakan delman saat mendaftar ke KPU Temanggung, Selasa (9/1/2018). (Ahsan Fauzi/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.ID—Pasangan calon (paslon) Bambang Sukarno-Matoha yang diusung koalisi PDIP-PKB, Selasa (9/1/2018), mendaftarkan sebagai peserta Pilkada ke KPU setempat. Dengan wajah semringan, paslon yang diakronimkan sebagai Bang Somat (Bambang Sukarno-Matoha) itu, kompak mengenakan batik merah bermotif daun tembakau.

Ratusan kader PDIP dan PKB mengiringi pasangan calon tersebut menuju kantor KPU. Pantauan Jawa Pos Radar Kedu, paslon Bambang-Matoha yang menaiki delman, diarak kader yang berjalan kaki. Di belakangnya, istri masing-masing calon, berada di delman yang kedua.

Paslon diarak dari kantor DPC PDIP di Kowangan menuju ke KPU setempat, yang berjarak sekitar 1 km. Tepat pukul 09.15 WIB, paslon tiba di kantor KPU dan disambut Ketua KPU Temanggung, Sujatmiko beserta seluruh komisioner. Bambang-Matoha merupakan pasangan bacabup-bacawabup yang kali pertama mendaftar.

Ketua KPU Temanggung Sujatmiko menuturkan, hasil pemeriksaan berkas, dinyatakan lengkap. Berkas yang diteliti, antara lain, berkas syarat dukungan parpol berupa surat rekomendasi dari partai pengusung: PDIP dan PKB.

Serta, syarat-syarat pribadi, seperti daftar riwayat hidup, fotokopi KTP, ijazah, surat keterangan catatan kepolisian, daftar kekayaan diri, dan berkas lainnya. “Setelah ini, kedua bakal calon akan mengikuti tahapan berikutnya, yakni pemeriksaan kesehatan.” Pemeriksaan kesehatan dilakukan di RSUD Moewardi Solo, pada 12-13 Januari 2018.

Sujatmiko mengatakan, selain Bambang-Matoha yang sudah resmi mendaftar, ada paslon lain yang besok (hari ini) mendaftar. “Tadi Pak Sayid (Ketua DPD Nasdem Temanggung, red) kirim pesan WA ke saya mau daftar besok siang (hari ini, red). Sementara itu, yang lain belum ada komunikasi.”

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Temanggung Muh Amin menuturkan, koalisi PDIP-PKB, merupakan koalisi merah hijau. Koalisi nasionalis-religus. “Inilah pemimpin zaman now. Dengan kekuatan PDIP yang merupakan partai pemenang dan PKB partai pemenang kedua di Temanggung. Bang Somat (Bambang bersama Matoha) bisa menang.”

(sm/san/ton/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia